Sejarah Hingga Fasilitas yang ada Pada Tiket Kereta Api Eksekutif

Pada hakikatnya, semua penumpang menginginkan tiket kereta api eksekutif. Namun harganya yang mahal kerap kali menjadi kendala dan alasan beberapa penumpang memutuskan beralih ke tiket bisnis atau ekonomi. Dari segi harga, tiket KA eksekutif dijual lebih mahal namun pengaturan tersebut sebanding dengan pelayanan yang diberikannya.

Mengenal kereta api eksekutif

  • Definisi

KA eksekutif merupakan alat transportasi darat publik yang dilengkapi dengan fasilitas penyejuk udara. Selain itu kelas eksekutif juga menyediakan fitur entertainment yang akan menghibur seluruh penumpang selama perjalanan panjang di dalam kereta api. Hiburan yang disediakan di antaranya tayangan video, audio, pesan minuman dan makanan dan lainnya.

  • Sejarah Singkat

Di Indonesia, untuk pertama kalinya kereta api eksekutif hadir saat pemerintah menghadirkan KA Parahyangan. Kehadiran KA eksekutif yang disambut baik oleh penumpang membuat pemerintah mengembangkan KA Bima dengan berbagai fasilitas dan layanan terbaik.

Saat ini KA eksekutif di tanah air diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yakni kereta kelas satwa, kereta kelas campuran dan kereta kelas argo. Jika Anda memesan tiket dari tempat jual kereta api eksekutif dan melihat nama kereta api argo misalkan KA Argo Lawu itu tandanya layanan yang diberikan termasuk KA eksekutif.

  • KA Eksekutif Di Indonesia

Hampir setiap kota terutama kota besar dengan jumlah penumpang kereta api terbesar menyediakan kelas eksekutif. Artinya, jumlah KA eksekutif yang terdaftar di Indonesia sangat banyak. Misalnya KA Bima yang melayani rute perjalanan Jakarta Surabaya atau KA Taksaka dengan rute Jogja Jakarta dan masih banyak lagi.

  • Fasilitas KA Eksekutif

Membedakan antara KA eksekutif bukan hal yang sulit bahkan bagi penumpang kereta api pemula. Lantas, apa saja fasilitas yang diberikan di dalamnya? apa benar-benar dibuat senyaman mungkin untuk para penumpang?

BACA JUGA  3 Keunggulan Kereta Api Eksekutif Bandung Jakarta

KA eksekutif dibuat seistimewa mungkin untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang. Di dalam KA eksekutif Anda akan menemukan sandaran kaki, meja lipat, pintu otomatis, colokan listrik, lampu baca dan sebagainya.

Booking tiket kereta api eksekutif

Memesan tiket KA eksekutif pada dasarnya sama sebagaimana Anda booking tiket kelas bisnis atau ekonomi. Pembeliannya sendiri bisa dilakukan via daring dari situs atau aplikasi atau datang langsung ke loket stasiun di hari H.

Anda yang lebih suka belanja online, silahkan ikuti cara belanja tiket KA eksekutif berikut ini:

  • Pertama-tama, Anda wajib masuk ke situs penjualan tiket kereta api seperti com. Jika memilih aplikasi, silahkan download terlebih dahulu aplikasi yang dibutuhkan agar terpasang pada smartphone.
  • Kedua, buka aplikasi atau situs penjualan tiket dan isi formulir pembelian. Mulai dari kota asal, kota tujuan hingga jumlah tiketnya. Biasakan membeli tiket borongan jika Anda berencana bepergian bersama sahabat maupun keluarga. Agar mendapatkan cashback atau diskon harga tiket kereta api esekutif lebih banyak di saat promo.
  • Setelah yakin dengan formulir pembeliannya termasuk kategori penumpang, lanjutkan dengan pilih tanggal keberangkatan.
  • Halaman situs atau aplikasi akan membawa Anda masuk ke menu baru yang berisi pilihan kelas kereta api beserta jadwal pasti keberangkatan.
  • Karena sejak awal ingin membeli tiket KA eksekutif maka pilihilah kelas eksekutif.
  • Bayar tagihan pembelian tiket setelahnya simpan kode pemesanan untuk ditukar tiket fisik saat hari keberangkatan.

Paham bagaimana cara belanja tiket KA eksekutif secara online melalui aplikasi maupun situs sebagaimana yang dijelaskan di atas? agar lebih cepat memahaminya, praktikan langsung saat Anda membutuhkan tiket kereta api entah untuk kota tujuan mana pun. Pembelian tiket kereta api eksekutif bisa lebih murah jika Anda membeli tiketnya saat aplikasi maupun situs promosi.

BACA JUGA  Liburan Tanpa Khawatir! KAI Daop 6 Hadirkan Lebih Banyak Kursi untuk Natal dan Tahun Baru Anda

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend