Petualangan Keberanian: Murid SD Kristen Penabur Jelajahi Yogyakarta dengan Kereta Api

Petualangan Keberanian: Murid SD Kristen Penabur Jelajahi Yogyakarta dengan Kereta Api

Siswa dari SD Kristen Penabur di Jakarta berkumpul di Stasiun Gambir, bersiap untuk berangkat ke Yogyakarta dalam program karyawisata bertema “Spirit of Braveness”. Program ini adalah bagian dari inisiatif PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta untuk mendukung pembelajaran di luar kelas melalui fasilitas wisata edukatif menggunakan kereta api.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta tetap berkomitmen dalam mendukung kegiatan pembelajaran di luar kelas untuk siswa dengan menyediakan fasilitas wisata edukatif melalui transportasi kereta api.

Iwan Eka Putra, Executive Vice President PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta, menjelaskan bahwa pengalaman menaiki kereta api dapat menjadi sarana belajar yang baru dan menyenangkan bagi siswa, sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

“Program ini dapat menjadi contoh bagi siswa lain untuk menggunakan kereta api sebagai sarana transportasi. Pembelajaran dengan kereta api sejak dini memberikan pengalaman dan pendidikan yang berbeda bagi mereka,” kata Iwan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Rabu malam (12/6).

Pernyataan tersebut mengacu pada keberangkatan 993 murid SD Kristen Penabur dari Jakarta menuju Yogyakarta dalam program karyawisata “Spirit of Braveness” yang dimulai pada Selasa (11/6).

PT KAI Daop 1 Jakarta siap untuk terus bekerja sama dengan institusi pendidikan dalam menyelenggarakan program sejenis, terutama setelah sukses memberangkatkan 2.480 murid Taman Kanak-Kanak Penabur beserta pendampingnya ke Bogor beberapa pekan sebelumnya.

Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menjelaskan bahwa keberangkatan 993 murid tersebut terbagi menjadi empat gelombang: gelombang pertama pada 5–9 Juni, gelombang kedua pada 7–11 Juni, gelombang ketiga pada 9–13 Juni, dan gelombang terakhir pada 11 –15 Juni.

Para murid yang akan belajar di berbagai lokasi wisata di Yogyakarta diberangkatkan dari Stasiun Gambir dengan menggunakan KA Taksaka Malam rute Gambir–Yogyakarta.

BACA JUGA  Jadwal Kereta Manggarai Cikarang Terbaru 2022

Ketua BPK Penabur Jakarta, Kenny Lim, menjelaskan bahwa program “Spirit of Braveness” selama lima hari ini bertujuan untuk membina murid yang tangguh, berkompeten, suka berbagi dengan masyarakat, dan memiliki iman yang kuat melalui interaksi langsung dengan dunia luar.

Selain itu, para murid akan mengikuti berbagai kegiatan interaktif di Yogyakarta yang dirancang untuk meningkatkan keberanian dan kemandirian mereka. Salah satu kegiatan unggulannya adalah kunjungan ke desa wisata di sekitar Yogyakarta, di mana murid akan belajar tentang Kebudayaan dan kehidupan masyarakat lokal secara langsung.

PT KAI Daop 1 Jakarta Dukung Pembelajaran Luar Kelas dengan Kereta Api “Dengan menggabungkan pembelajaran luar ruangan dan observasi langsung, kegiatan ini membentuk murid menjadi pribadi yang tangguh dan disiplin melalui kearifan lokal,” ujar Kenny Lim.

 

4o

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend