Survei KedaiKOPI: Mayoritas Pemudik Lebaran 2024 Pilih Kereta Api

Mayoritas Pemudik Lebaran 2024 Pilih Kereta Api

Lembaga survei KedaiKOPI baru saja merilis survei mengenai tren mudik Lebaran 2024. Hasilnya menunjukkan bahwa 95,8% responden merasa nyaman menggunakan kereta api sebagai alat transportasi utama. Survei ini dilakukan pada 13 – 18 April 2024, menggunakan metode Computerized Assisted Self-Interview (CASI), dengan 1.266 responden berusia antara 17 hingga 55 tahun.

Manager Research KedaiKOPI, Ashma Nur Afifah, mengungkapkan bahwa para pemudik terbagi dalam tiga kelompok berdasarkan jenis transportasi yang digunakan: 50,8% memilih transportasi pribadi, 34% menggunakan transportasi publik, dan 15,2% menggunakan kombinasi keduanya.

Di antara mereka yang memilih transportasi pribadi, 80,7% mengendarai mobil, sementara 19,3% menggunakan sepeda motor. Pilihan ini dianggap wajar, karena banyak pemudik yang bepergian dengan keluarga dan membawa banyak barang.

Untuk yang memilih transportasi publik, 43,6% menggunakan kereta api, sedangkan 42,8% memilih bus. Sebagian kecil memilih pesawat (20,1%) dan kapal laut (8,5%).

Tingkat kenyamanan terhadap kereta api sangat tinggi, dengan 95,8% pemudik merasa nyaman menggunakan moda transportasi ini. Meskipun begitu, keterbatasan kuota tiket menjadi tantangan, dengan hanya 71,8% pemudik yang merasa puas. Namun, fasilitas di stasiun dan layanan kereta api mendapatkan kepuasan tinggi, dengan tingkat kepuasan mencapai 96,6%.

Hasil survei ini menunjukkan bahwa kereta api tetap menjadi pilihan favorit untuk mudik, meskipun ada beberapa tantangan yang masih perlu diperbaiki.

Comments

comments

BACA JUGA  Tiket Kereta Gubeng Bandung Untuk Liburan ke 3 Tempat Wisata Paling Wow!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend