Survei KedaiKOPI: Mayoritas Pemudik Lebaran 2024 Pilih Kereta Api

Mayoritas Pemudik Lebaran 2024 Pilih Kereta Api

Lembaga survei KedaiKOPI baru saja merilis survei mengenai tren mudik Lebaran 2024. Hasilnya menunjukkan bahwa 95,8% responden merasa nyaman menggunakan kereta api sebagai alat transportasi utama. Survei ini dilakukan pada 13 – 18 April 2024, menggunakan metode Computerized Assisted Self-Interview (CASI), dengan 1.266 responden berusia antara 17 hingga 55 tahun.

Manager Research KedaiKOPI, Ashma Nur Afifah, mengungkapkan bahwa para pemudik terbagi dalam tiga kelompok berdasarkan jenis transportasi yang digunakan: 50,8% memilih transportasi pribadi, 34% menggunakan transportasi publik, dan 15,2% menggunakan kombinasi keduanya.

Di antara mereka yang memilih transportasi pribadi, 80,7% mengendarai mobil, sementara 19,3% menggunakan sepeda motor. Pilihan ini dianggap wajar, karena banyak pemudik yang bepergian dengan keluarga dan membawa banyak barang.

Untuk yang memilih transportasi publik, 43,6% menggunakan kereta api, sedangkan 42,8% memilih bus. Sebagian kecil memilih pesawat (20,1%) dan kapal laut (8,5%).

Tingkat kenyamanan terhadap kereta api sangat tinggi, dengan 95,8% pemudik merasa nyaman menggunakan moda transportasi ini. Meskipun begitu, keterbatasan kuota tiket menjadi tantangan, dengan hanya 71,8% pemudik yang merasa puas. Namun, fasilitas di stasiun dan layanan kereta api mendapatkan kepuasan tinggi, dengan tingkat kepuasan mencapai 96,6%.

Hasil survei ini menunjukkan bahwa kereta api tetap menjadi pilihan favorit untuk mudik, meskipun ada beberapa tantangan yang masih perlu diperbaiki.

Comments

comments

BACA JUGA  Pahlawan Pemalang: Aksi Luar Biasa Petugas Jalan Lintasan Menyelamatkan Seorang Wanita dari Bahaya Kereta Api

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend