Sekali Jalan Pulang Pergi *Umur dewasa ≥ 3 tahun, dan umur bayi < 3 tahun.
Gambir
Kota Jakarta
Bandung
Kota Bandung

Mari Mengenal Kereta Api Argo Parahyangan
Kereta api Indonesia memiliki berbagai macam nama layanan, rute, serta kelas yang diberikan. Salah satu layanan kereta api dengan terdiri dari berbagai kelas ialah kereta api argo parahyangan. Kali ini mari mengenal kereta api layanan ini dengan lebih dalam.

Sejarah

Mengenai sejarah penamaannya, kereta argo parahyangan ini merupakan gabungan dari pelayanan kereta api atgo gede juga kereta api parahyangan. Walaupun pada umumnya, kereta api layanan yang terdapat nama argo pasti hanya tersedia dalam kelas ekonomi. Untuk kereta argo parahyangan ini memiliki berbagai macam kelas kereta api. Dari ekonomi premium hingga eksekutif.

Kereta argo parahyangan ini merupakan hasil buah tanggapan dari PT KAI terhadap kekecewaan yang dirasakan masyarakat. Dimana masyarakat kecewa terhadap pemberhentian kereta api parahyangan. Pada akhirnya PT KAI menggabungkan kereta api argo gede dengan kereta api parahyangan hingga menjadi kereta argo parahyangan. Pada awalnya kereta api argo parahyangan ini terdiri dari tiga bahkan empat gerbong kelas eksekutif dan dua hingga tiga gerbong kelas bisnis.

Namun, pada saat itu permintaan masyarakat sangatlah tinggi pada kelas eksekutif. Maka sebagian kelas bisnis diganti menjadi kelas eksekutif. Sehingga dari tahun 2011 hingga 2016 kereta argo parahyangan memiliki dua jenis pelayanan. Yakni pelayanan kelas eksekutif serta pelayanan kelas bisnis. Lalu pada tahun 2016, kereta argo parahyangan ditambah dengan kereta kelas ekonomi yang merupakan kereta bekas kereta api mutiara selatan. Namun layanan ekonomi ini lalu diubah menjadi kelas eksekutif dan ekonomi plus.

Selanjutnya pada tahun 2017 sampai tahun 2019, kereta argo parahyangan menggunakan kereta kelas ekonomi premium dan kereta kelas eksekutif yang berbhan baja nirkarat. Lalu layanan kereta argo parahyangan ini bertambah pada tahun 2019 dengan menambahkan kelas priority. Lalu pada tanggal 1 Oktober 2019, PT Kai meluncur layanan baru. Layanan ini diberi nama Argo Parahyangan Excellence. Kelebihannya yakni dapat menempuh bandung-jakarta maupun sebaliknya hanya dalam waktu 2 jam 50 menit.

Perbedaan kelas kereta api di kereta Argo Parahyangan

Dalam kereta argo parahyangan, terdapat berbagai macam kelas diantaranya kelas luxury, kelas priority, eksekutif, dan ekonomi premium/plus. Apa sajakah perbedaan dari masing-masing kelas kereta api ini?. Pertama yakni perbedaan berdasarkan pengaturan tempat duduk. Dimana pada kelas luxury, terdapat 26 tempat duduk yang disusun 102. Kelebihannya ialah kursi tersebut dapat diputar bahkan bisa direbahkan hingga 180 derajat. Lalu pada kelas priority, terdapat 28 tempat duduk yang disusun 2-2. Kelebihannya kursi penumpangnya dapat direbahkan juga diputar. Selanjutnya yakni kelas eksekutif. Pada kelas eksekutif terdapat 50 tempat duduk yang disusun 2-2. Dimana kursi dalam kelas eksekutif sama seperti kelas priority yaitu dapat direbahkan dan diputar. Kelas terakhir yakni kelas ekonomi premium atau juga dikenal dengan kelas ekonomi plus. Kelas ini memiliki 80 kursi penumpang yang disusun 2-2. Dimana sebanyak 40 kursi ke arah depan lalu sisanya yakni 40 kursi menghadap ke arah belakang. Pada kelas ekonomi plus ini, tempat duduknya dapat direbahkan.

Itulah beberapa hal mengenai kereta api argo parahyangan. Dari sejarah hingga perbedaan kelas kereta apinya. Kereta argo parahyangan ini melayani rute dari Bandung-Gambir maupun sebaliknya, melalui jalur selatan. Bagi yang sedang mencari tiket kereta argo parahyangan ini, segera pesan di tiketkeretaapi.com. Ada promo menarik yang menanti loh.



FAQ Tentang Reservasi Tiket Kereta Api


1. Apakah saya bisa refund tiket kereta dan bagaimana prosedurnya ?
Ya bisa, pembatalan tiket kereta hanya bisa dilakukan dengan mengisi formulir pembatalan yang ada di stasiun dan selambat-lambatnya 1 jam sebelum keberangkatan. Dana yang dikembalikan hanya sebesar 75 % dari total pembelian tiket.
2. Bolehkah saya booking tiket kereta untuk orang lain ?
Ya, kamu bisa booking untuk orang lain untuk teman, pasangan atau keluarga.
3. Bagaimana cara memesan tiket untuk anak di bawah umur tapi belum memiliki kartu identitas ?
Bagi anak di bawah umur yang belum memiliki KTP/SIM/Paspor memasukkan tanggal lahir saat booking tiket kereta api.
4. Bolehkah saya mengganti / reschedule tiket kereta yang telah di beli dan berapa biayanya?
Ya , kamu bisa mengganti jadwal ulang tiket kereta dengan datang langsung ke stasiun terdekat dan biaya yang dikenakan sebesar selisih dari tiket yang telah dibeli sebelumnya.
5. Apakah saya boleh hanya menunjukan kartu identitas hanya foto kopinya saja?
Tidak Bisa, semua kartu identitas dalam bentuk apapun wajib menunjukan yang asli.
6. Apa yang harus saya lakukan jika saya bawa bayi 8 bulan sedangkan saya hanya booking untuk saya dan istri saja ?
Saat mau naik kereta api, minta pada petugas loket stasiun tiket infant. Tiket Infant ini khusus untuk anak usia dibawah 3 tahun yang tidak mengambil tempat duduk sendiri atau dipangku. Tiket free alias gratis.
7. Apakah saya bisa membatalkan tempat duduk untuk tiket kereta yang sudah saya pesan?
Bisa, dengan cara membatalkan tempat duduk anda, dan asalkan tempat duduk yang dimaksud masih tersedia. Atau solusinya bisa tukar tempat duduk dengan meminta secara baik-baik kepada pemilik tempat duduk yang diinginkan
8. Kemana saya harus menghubungi jika barang saya ada yang ketinggalan di kereta ?
Silahkan hubungi call center 121 atau datang langsung ke stasiun terdekat untuk memberikan laporan.
9. Apakah tiket masih berlaku jika data diri yang saya masukkan untuk booking kereta ada kesalahan nama dan ktp.
Masih berlaku selama kesalahan nama masih sedikit seperti Cuma satu huruf saja, jika perbedaan huruf terlalu banyak maka tidak berlaku.
10. Apakah saya bisa menggunakan kartu identitas lain saat masuk boarding gate jika ktp saya hilang?
Boleh, asalkan nama yang tertera pada kartu identitas lain tersebut sama namanya dengan nama yang ada di tiket kereta anda.