Sekali Jalan Pulang Pergi *Umur dewasa ≥ 3 tahun, dan umur bayi < 3 tahun.
Gambir
Kota Jakarta
Bandung
Kota Bandung

Mari Mengenal Kereta Api Argo Parahyangan
Kereta api Indonesia memiliki berbagai macam nama layanan, rute, serta kelas yang diberikan. Salah satu layanan kereta api dengan terdiri dari berbagai kelas ialah kereta api argo parahyangan. Kali ini mari mengenal kereta api layanan ini dengan lebih dalam.

Sejarah

Mengenai sejarah penamaannya, kereta argo parahyangan ini merupakan gabungan dari pelayanan kereta api atgo gede juga kereta api parahyangan. Walaupun pada umumnya, kereta api layanan yang terdapat nama argo pasti hanya tersedia dalam kelas ekonomi. Untuk kereta argo parahyangan ini memiliki berbagai macam kelas kereta api. Dari ekonomi premium hingga eksekutif.

Kereta argo parahyangan ini merupakan hasil buah tanggapan dari PT KAI terhadap kekecewaan yang dirasakan masyarakat. Dimana masyarakat kecewa terhadap pemberhentian kereta api parahyangan. Pada akhirnya PT KAI menggabungkan kereta api argo gede dengan kereta api parahyangan hingga menjadi kereta argo parahyangan. Pada awalnya kereta api argo parahyangan ini terdiri dari tiga bahkan empat gerbong kelas eksekutif dan dua hingga tiga gerbong kelas bisnis.

Namun, pada saat itu permintaan masyarakat sangatlah tinggi pada kelas eksekutif. Maka sebagian kelas bisnis diganti menjadi kelas eksekutif. Sehingga dari tahun 2011 hingga 2016 kereta argo parahyangan memiliki dua jenis pelayanan. Yakni pelayanan kelas eksekutif serta pelayanan kelas bisnis. Lalu pada tahun 2016, kereta argo parahyangan ditambah dengan kereta kelas ekonomi yang merupakan kereta bekas kereta api mutiara selatan. Namun layanan ekonomi ini lalu diubah menjadi kelas eksekutif dan ekonomi plus.

Selanjutnya pada tahun 2017 sampai tahun 2019, kereta argo parahyangan menggunakan kereta kelas ekonomi premium dan kereta kelas eksekutif yang berbhan baja nirkarat. Lalu layanan kereta argo parahyangan ini bertambah pada tahun 2019 dengan menambahkan kelas priority. Lalu pada tanggal 1 Oktober 2019, PT Kai meluncur layanan baru. Layanan ini diberi nama Argo Parahyangan Excellence. Kelebihannya yakni dapat menempuh bandung-jakarta maupun sebaliknya hanya dalam waktu 2 jam 50 menit.

Perbedaan kelas kereta api di kereta Argo Parahyangan

Dalam kereta argo parahyangan, terdapat berbagai macam kelas diantaranya kelas luxury, kelas priority, eksekutif, dan ekonomi premium/plus. Apa sajakah perbedaan dari masing-masing kelas kereta api ini?. Pertama yakni perbedaan berdasarkan pengaturan tempat duduk. Dimana pada kelas luxury, terdapat 26 tempat duduk yang disusun 102. Kelebihannya ialah kursi tersebut dapat diputar bahkan bisa direbahkan hingga 180 derajat. Lalu pada kelas priority, terdapat 28 tempat duduk yang disusun 2-2. Kelebihannya kursi penumpangnya dapat direbahkan juga diputar. Selanjutnya yakni kelas eksekutif. Pada kelas eksekutif terdapat 50 tempat duduk yang disusun 2-2. Dimana kursi dalam kelas eksekutif sama seperti kelas priority yaitu dapat direbahkan dan diputar. Kelas terakhir yakni kelas ekonomi premium atau juga dikenal dengan kelas ekonomi plus. Kelas ini memiliki 80 kursi penumpang yang disusun 2-2. Dimana sebanyak 40 kursi ke arah depan lalu sisanya yakni 40 kursi menghadap ke arah belakang. Pada kelas ekonomi plus ini, tempat duduknya dapat direbahkan.

Itulah beberapa hal mengenai kereta api argo parahyangan. Dari sejarah hingga perbedaan kelas kereta apinya. Kereta argo parahyangan ini melayani rute dari Bandung-Gambir maupun sebaliknya, melalui jalur selatan. Bagi yang sedang mencari tiket kereta argo parahyangan ini, segera pesan di tiketkeretaapi.com. Ada promo menarik yang menanti loh.



FAQ Tentang Reservasi Tiket Kereta Api