Sekali Jalan Pulang Pergi *Umur dewasa ≥ 3 tahun, dan umur bayi < 3 tahun.
Gambir
Kota Jakarta
Bandung
Kota Bandung

Sejarah dan Fakta Tentang Kereta Api Bima
Kereta Api Bima merupakan jenis kereta api eksekutif dengan tujuan Jakarta Surabaya hingga sampai Malang. Jika Anda sering bepergian dengan rute tersebut tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan Kereta Api Bima ini. Nah, untuk menambah lagi pengetahuan yakni tentang sejarah dan faktanya maka berikut ini Anda bisa melihatnya dengan jelas.

Sejarah Kereta Api Bima

Mengenai sejarah dari KA Bima ini, dimana kereta api yang satu ini pertama kalinya diluncurkan pada 1 Juni 1967. Peluncuran kereta api Bima ini mengawali pula sejarah beroperasinya KA dengan berpengatur suhu ruangan atau disebut juga dengan air conditioner dengan menggunakan sistem mutakhir di Indonesia. Tak hanya itu saja, Kereta Api Bima ini juga KA pertama yang pada saat itu menggunakan DPW atau kereta pembangkit. Untuk itu, pada saat pertama kali diluncurkan, Kereta Api ini memakai rangkaian kereta tidur dengan buatan pabrik tepatnya dari Wanggonbau Gorlitz, Jerman Timur.

Selain itu, pada awalnya kereta api ini juga mengikuti arah pendahulunya yaitu Bintang Sendja. Dimana setelah dari Jakarta (gambir) hingga melewati Cirebon, lalu melewati Semarang hingga menuju Kedungjati, Solo, Madiun, Jombang hingga tiba di Surabaya. Namun, setelah KA ini beroperasi beberapa minggu saja, rute kereta api ini diubah yakni melewati Purwokerto, Yogyakarta hingga sampai sekarang.

Tak hanya itu saja, selama dekade 1960-an hingga sampai pada awal 1980-an, Kereta Api Bima ini telah beroperasi dengan urutan rangkaian seperti satu buah lokomotif, dua kereta SAGW (kereta tidur kelas I), kemudian ada juga dua kereta SBGW untuk kereta tidur kelas II, lalu satu kereta FW (makan), satu kereta DPW (pembangkit) hingga ditambah pula satu kereta bagasi. Nah, untuk KA Bima ini semua gerbingnya bercat biru tua.

Fakta Menarik Kereta Api Bima

Selain melihat sejarah maka Anda perlu mengetahui pula apa saja fakta menarik dari KA Bima ini. Dimana pada saat itu, kereta api Bima ini memang menjadi kereta api eksekutif AC pertama dan sangat populer sekali di Indonesia. Jadi, jika ada orang yang menaiki kereta api ini tentunya akan ada rasa bangga dan senang, terlebih lagi pada masa itu memang belum ada moda transportasi lainnya yang mampu untuk menyamai kenyamanan yang telah diberikan oleh Kereta Api Bima. Jadi, kualitas dan pelayanan dari KA ini bisa dikatakan setara dengan hotel berbintang.

Berikutnya ini juga termasuk fakta menarik lainnya dari KA Bima, dimana untuk susunan tempat duduk atau kursi dari Kereta Api Eksekutif Bima ini yaitu 2 kanan dan 2 kiri. Tak hanya itu saja, semua tempat duduk di KA ini juga dapat diatur sesuai dengan keinginan para penumpang sehingga para penumpang bisa duduk dengan nyaman selama perjalanan. Lalu, KA ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya seperti kamar mandi yang bersih dan juga sangat baik. Selain itu, kereta api ini dilengkapi pula dengan fasilitas night mode, yang mana ketika perjalanan pada jam 10 malam, maka lampu kereta api ini akan diredupkan serta digantikan dengan lampu temaram. Jadinya para penumpang tidak silau dan bisa beristirahat dengan nyaman.

Jadi, itulah ada beberapa fakta menarik dan sejarah dari Kereta Api Bima. Semoga dengan adanya informasi seperti ini Anda bisa menjadi lebih mengetahui lagi tentang sejarah dan fakta dari KA Bima ini.



FAQ Tentang Reservasi Tiket Kereta Api


1. Apakah saya bisa refund tiket kereta dan bagaimana prosedurnya ?
Ya bisa, pembatalan tiket kereta hanya bisa dilakukan dengan mengisi formulir pembatalan yang ada di stasiun dan selambat-lambatnya 1 jam sebelum keberangkatan. Dana yang dikembalikan hanya sebesar 75 % dari total pembelian tiket.
2. Bolehkah saya booking tiket kereta untuk orang lain ?
Ya, kamu bisa booking untuk orang lain untuk teman, pasangan atau keluarga.
3. Bagaimana cara memesan tiket untuk anak di bawah umur tapi belum memiliki kartu identitas ?
Bagi anak di bawah umur yang belum memiliki KTP/SIM/Paspor memasukkan tanggal lahir saat booking tiket kereta api.
4. Bolehkah saya mengganti / reschedule tiket kereta yang telah di beli dan berapa biayanya?
Ya , kamu bisa mengganti jadwal ulang tiket kereta dengan datang langsung ke stasiun terdekat dan biaya yang dikenakan sebesar selisih dari tiket yang telah dibeli sebelumnya.
5. Apakah saya boleh hanya menunjukan kartu identitas hanya foto kopinya saja?
Tidak Bisa, semua kartu identitas dalam bentuk apapun wajib menunjukan yang asli.
6. Apa yang harus saya lakukan jika saya bawa bayi 8 bulan sedangkan saya hanya booking untuk saya dan istri saja ?
Saat mau naik kereta api, minta pada petugas loket stasiun tiket infant. Tiket Infant ini khusus untuk anak usia dibawah 3 tahun yang tidak mengambil tempat duduk sendiri atau dipangku. Tiket free alias gratis.
7. Apakah saya bisa membatalkan tempat duduk untuk tiket kereta yang sudah saya pesan?
Bisa, dengan cara membatalkan tempat duduk anda, dan asalkan tempat duduk yang dimaksud masih tersedia. Atau solusinya bisa tukar tempat duduk dengan meminta secara baik-baik kepada pemilik tempat duduk yang diinginkan
8. Kemana saya harus menghubungi jika barang saya ada yang ketinggalan di kereta ?
Silahkan hubungi call center 121 atau datang langsung ke stasiun terdekat untuk memberikan laporan.
9. Apakah tiket masih berlaku jika data diri yang saya masukkan untuk booking kereta ada kesalahan nama dan ktp.
Masih berlaku selama kesalahan nama masih sedikit seperti Cuma satu huruf saja, jika perbedaan huruf terlalu banyak maka tidak berlaku.
10. Apakah saya bisa menggunakan kartu identitas lain saat masuk boarding gate jika ktp saya hilang?
Boleh, asalkan nama yang tertera pada kartu identitas lain tersebut sama namanya dengan nama yang ada di tiket kereta anda.