Sekali Jalan Pulang Pergi *Umur dewasa ≥ 3 tahun, dan umur bayi < 3 tahun.
Gambir
Kota Jakarta
Bandung
Kota Bandung

Sejarah dan Fakta Tentang Kereta Api Bima
Kereta Api Bima merupakan jenis kereta api eksekutif dengan tujuan Jakarta Surabaya hingga sampai Malang. Jika Anda sering bepergian dengan rute tersebut tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan Kereta Api Bima ini. Nah, untuk menambah lagi pengetahuan yakni tentang sejarah dan faktanya maka berikut ini Anda bisa melihatnya dengan jelas.

Sejarah Kereta Api Bima

Mengenai sejarah dari KA Bima ini, dimana kereta api yang satu ini pertama kalinya diluncurkan pada 1 Juni 1967. Peluncuran kereta api Bima ini mengawali pula sejarah beroperasinya KA dengan berpengatur suhu ruangan atau disebut juga dengan air conditioner dengan menggunakan sistem mutakhir di Indonesia. Tak hanya itu saja, Kereta Api Bima ini juga KA pertama yang pada saat itu menggunakan DPW atau kereta pembangkit. Untuk itu, pada saat pertama kali diluncurkan, Kereta Api ini memakai rangkaian kereta tidur dengan buatan pabrik tepatnya dari Wanggonbau Gorlitz, Jerman Timur.

Selain itu, pada awalnya kereta api ini juga mengikuti arah pendahulunya yaitu Bintang Sendja. Dimana setelah dari Jakarta (gambir) hingga melewati Cirebon, lalu melewati Semarang hingga menuju Kedungjati, Solo, Madiun, Jombang hingga tiba di Surabaya. Namun, setelah KA ini beroperasi beberapa minggu saja, rute kereta api ini diubah yakni melewati Purwokerto, Yogyakarta hingga sampai sekarang.

Tak hanya itu saja, selama dekade 1960-an hingga sampai pada awal 1980-an, Kereta Api Bima ini telah beroperasi dengan urutan rangkaian seperti satu buah lokomotif, dua kereta SAGW (kereta tidur kelas I), kemudian ada juga dua kereta SBGW untuk kereta tidur kelas II, lalu satu kereta FW (makan), satu kereta DPW (pembangkit) hingga ditambah pula satu kereta bagasi. Nah, untuk KA Bima ini semua gerbingnya bercat biru tua.

Fakta Menarik Kereta Api Bima

Selain melihat sejarah maka Anda perlu mengetahui pula apa saja fakta menarik dari KA Bima ini. Dimana pada saat itu, kereta api Bima ini memang menjadi kereta api eksekutif AC pertama dan sangat populer sekali di Indonesia. Jadi, jika ada orang yang menaiki kereta api ini tentunya akan ada rasa bangga dan senang, terlebih lagi pada masa itu memang belum ada moda transportasi lainnya yang mampu untuk menyamai kenyamanan yang telah diberikan oleh Kereta Api Bima. Jadi, kualitas dan pelayanan dari KA ini bisa dikatakan setara dengan hotel berbintang.

Berikutnya ini juga termasuk fakta menarik lainnya dari KA Bima, dimana untuk susunan tempat duduk atau kursi dari Kereta Api Eksekutif Bima ini yaitu 2 kanan dan 2 kiri. Tak hanya itu saja, semua tempat duduk di KA ini juga dapat diatur sesuai dengan keinginan para penumpang sehingga para penumpang bisa duduk dengan nyaman selama perjalanan. Lalu, KA ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya seperti kamar mandi yang bersih dan juga sangat baik. Selain itu, kereta api ini dilengkapi pula dengan fasilitas night mode, yang mana ketika perjalanan pada jam 10 malam, maka lampu kereta api ini akan diredupkan serta digantikan dengan lampu temaram. Jadinya para penumpang tidak silau dan bisa beristirahat dengan nyaman.

Jadi, itulah ada beberapa fakta menarik dan sejarah dari Kereta Api Bima. Semoga dengan adanya informasi seperti ini Anda bisa menjadi lebih mengetahui lagi tentang sejarah dan fakta dari KA Bima ini.



FAQ Tentang Reservasi Tiket Kereta Api