×

Syarat dan Ketentuan Naik Kereta Api di Pulau Jawa dan Sumatera

      Pemberitahuan Perubahan Syarat dan Ketentuan Naik Kereta Api di Pulau Jawa dan Sumatera Mulai Tanggal 18 Mei 2022 :

    • Pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dan ketiga (booster) tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen;
    • Pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan;
    • Pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi dikecualikan terhadap syarat vaksinasi, namun wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan persyaratan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19;
    • Khusus pelaku perjalanan dengan usia dibawah 6 tahun :
      • Tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin;
      • Tidak diwajibkan menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen;
      • Diperkenankan melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat;
    • Menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu selama perjalanan kereta api dan selama berada di stasiun kereta api atau ketika berada dalam kondisi kerumunan;
    • Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan;
    • Mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain;
    • Menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan;
    • Dihimbau untuk tidak berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan;
    • Penumpang dalam kondisi sehat tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare dan demam;
    • Suhu badan tidak lebih dari 37,3°C
    • Tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan bagi perjalanan yang kurang dari 2 (dua) jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

Mohon dibaca dengan Saksama


Sekali Jalan Pulang Pergi *Umur dewasa ≥ 3 tahun, dan umur bayi < 3 tahun.
Gambir
Kota Jakarta
Bandung
Kota Bandung

Tiket Kereta Api - Pesan Tiket Semua Rute Di Indonesia
Gratis Voucher Hotel 100 Rb


Mengapa Harus Pesan Di tiketkeretaapi.com ?

Gratis Voucher 100 Ribu

Gratis voucher hotel 100 rb setiap pembelian tiket rute manapun dan harga berapapun. Untuk selengkapnya klik di sini.

Metode Pembayaran Yang Mudah

Kami menyediakan metode pembayaran yang cepat via e-banking, atm dan juga transfer bank.

Keamanan Dalam Membeli

Tiket yang telah dibeli tidak akan hilang dan bisa dicek via email.

Bisa Pesan H-90

Pembelian tiket kereta bisa dilakukan hingga H-90 untuk semua kelas.

Tidak Perlu Antri

Sudah bukan zamannya untuk mengantri dan bisa pesan dimanapun juga kapanpun.

Bebas Pilih Kursi

Kamu bebas memilih kursi juga gerbong sesuai keinginan kamu sendiri.


FAQ Tentang Reservasi Tiket Kereta Api



Kenali Sejarah dan Rute Kereta Api Brantas
Tiket kereta api - Seperti kita ketahui, bahwa kereta api kini menjadi salah satu transportasi alternatif cukup diminati oleh penumpang. Selain harga tiket yang relatif lebih murah, pasalnya menaiki kereta api juga lebih nyaman dan menjamin keselamatan perjalanan. Maka, sangat tidak heran pula jika Kereta Api Brantas menjadi bagian penting bagi masyarakat umum.

Sejarah Kereta Api Brantas

PT KAI (Persero), kian meningkatkan perkembangan terkait kereta api dalam hal memberikan sejumlah fasilitas untuk masyarakat luas di tanah air. Buktinya ialah dengan menghadirkan Kereta Api Brantas sebagai salah satu layanan angkutan umum berbasis rel pada jurusan Kota Jakarta – Blitar. Jika dilihat dari segi khusus, KA Brantas ini menghubungkan jalur Stasiun Pasar Senen di Jakarta yang selanjutnya menuju Stasiun Blitar, atau pun sebaliknya.

Bagi anda selaku penumpang KA Brantas, sudah semestinya mengetahui asal muasal dan sejarah kereta terkenal ini. Penamaan kereta sendiri diambil dari sebuah sungai yang terletak di Jawa Timur, yakni Sungai Brantas. Merupakan sungai terbesar nomor dua yang ada di Pulau Jawa, setelah sungai terbesar pertama, Sungai Bengawan Solo.

Pengoperasian KA Brantas sendiri terbilang cukup lama, yakni tahun 1998 silam, tepatnya pada tanggal 1 Oktober. Dalam kemunculan perdana, KA Brantas hanya melayani jalur dua arah saja dengan jurusan Stasiun Kediri – Stasiun Pasar Senen, dimana kedua rute ini menggunakan kelas Ekonomi dan mulai bekerja pada tahun itu juga.

Memasuki tahun 2014, KA Brantas sudah mulai beroperasi untuk melayani jurusan Stasiun Kediri yang selanjutnya menuju Stasiun Tanjung Priok dengan melewati jalur Stasiun Semarang Poncol. Pada April tahun 2017, PT KAI telah memperbaharui jurusan Kereta Api Brantas guna menampung sejumlah penumpang yang kian bertambah jumlahnya.

Sehingga, rute dan jurusan tersebut ditambah menjadi lebih panjang, yaitu dari Stasiun Blitar sampai Stasiun Pasar Senen. Perpanjangan jurusan ini tentu saja diiringi dengan pertambahan tempat singgah stasiun kereta api.

Kereta Api Brantas Sebagai KA Terlaris

Sebagai salah satu kereta api yang menawarkan kelas ekonomi, pastinya durasi perjalanan kereta ini tergolong cukup panjang dengan jurusan dan rute yang banyak. Terlebih KA Brantas masuk ke dalam kategori kereta api kelas ekonomi dengan rangkaian stasiun pemberhentian cukup banyak jika dibandingkan dengan kereta ekonomi lainnya.

Meskipun terbilang memiliki durasi panjang dalam perjalanan dengan jumlah rute dan pemberhentian banyak. Akan tetapi, tidak menjadikan kereta api ini sepi penumpang. Hal ini tentu saja disebabkan harga dan tarif tiket KA Brantas tergolong murah dan sangat terjangkau. Belum fasilitas dan pelayanan yang mampu diberikan kereta ini kepada semua penumpang.

Rute Kereta Api Brantas

Perjalanan rute Kereta Api Brantas melewati jalur utara, lewat Stasiun Semarang Tawang. Sedangkan rute antara dua buah kota bisa berkisar antara 725 Km. KA ekonomi ini akan mengangkut sejumlah penumpang yang memakan waktu perjalanan sekitar 15 jam mencapai tempat tujuan, dengan kecepatan 60 sampai 100 Km / jam.

Terdapat kurang lebih 18 stasiun yang menjadi tempat persinggahan Kereta Api Brantas. Dikategorikan dalam pengelolaan Daerah Operasional VII Madiun, Kereta Api kelas ternama ini menawarkan dan menyediakan perjalanan kelas ekonomi yang difasilitasi dengan AC. KA kelas ekonomi ini mempunyai setidaknya 106 kursi di dalam setiap gerbongnya.

Umumnya, Kereta Api Brantas mengangkut sekitar 8 gerbong penumpang per hari untuk sekali perjalanan. Bahkan, penumpang KA Brantas bisa mencapai sekitar 3.900 orang setiap harinya. Bukan tanpa alasan, karena memang KA kelas ekonomi memiliki standar terbaik sebagai salah satu kereta api kelas ekonomi.


Daftar Stasiun Kereta Yang ada di Indonesia

Kota Nama Stasiun
BANDUNG
BANJAR
BANYUMAS
BANYUWANGI
BATANG
BATURAJA
BEKASI BEKASI (BKS)
BINJAI BINJAI (BIJ)
BLITAR
BLORA
BOGOR
BOJONEGORO
BOYOLALI TELAWA (TW)
BREBES
CIAMIS
CIANJUR
CIKAMPEK CIKAMPEK (CKP)
CILACAP
CILEGON
CIREBON
DELI SERDANG LUBUKPAKAM (LBP)
DEMAK BRUMBUNG (BBG)
DENPASAR DENPASAR (DEN)
DEPOK UNIVERSITAS INDONESIA (UI)
GARUT
GOMBONG
GROBOGAN
INDRAMAYU
JAKARTA
JATIBARANG BANGODUWA (BDW)
JEMBER
JOMBANG
KARAWANG KARAWANG (KW)
KEBUMEN
KEDIRI
KENDAL
KISARAN KISARAN (KIS)
KLATEN
KOTABUMI MARTAPURA (MP)
KUALANAMU KUALANAMU (KLN)
KUTOARJO KUTOARJO (KTA)
Kota Nama Stasiun
LAHAT
LAMONGAN
LAMPUNG
LEBAK RANGKAS BITUNG (RK)
LUBUK LINGGAU
LUMAJANG KLAKAH (KK)
MADIUN
MAGETAN BARAT (BAT)
MALANG
MEDAN
MOJOKERTO MOJOKERTO (MR)
MUARA ENIM
NGANJUK
PALEMBANG
PEMALANG
PEMALANG
PEMATANG SIANTAR SIANTAR (SIR)
PONOROGO BABADAN (BBD)
PRABUMULIH
PROBOLINGGO PROBOLINGGO (PB)
PURWAKARTA
PURWOKERTO PURWEKERTO (PWT)
PURWOREJO
RANTAU PRAPAT MERBAU (MBU)
RANTAU PRAPAT RANTAU PRAPAT (RAP)
SEMARANG
SERANG SERANG (SG)
SERDANG BEGADAI RAMPAH (RPH)
SIDOARJO
SOLO
SRAGEN
SUBANG
SUKABUMI
SURABAYA
TANGERANG TANGERANG (TNG)
TANJUNG BALAI TANJUNG BALAI (TNB)
TASIKMALAYA
TEGAL
TULUNGAGUNG
YOGYAKARTA