Sekali Jalan Pulang Pergi *Umur dewasa ≥ 3 tahun, dan umur bayi < 3 tahun.
Gambir
Kota Jakarta
Bandung
Kota Bandung

Serba-Serbi Perjalanan Cirebon-Jakarta Menggunakan Kereta Api Cirebon Ekspres
Menempuh perjalanan darat dari Cirebon menuju Jakarta akan terasa lebih menyenangkan dengan Kereta Api Cirebon Ekspress. Mengapa harus naik kereta api ? Sederhana saja, untuk menghindari kemacetan. Rute dari Jakarta ke Cirebon hanya tersedia pada jalur darat saja serta termasuk rute yang padat kendaraan. Berkendara dengan mobil pribadi akan menghabiskan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan. Nah, jika Anda berminat pergi ke Cirebon atau Jakarta menggunakan kereta, simak beberapa infonya di bawah ini.

Sejarah Singkat Pengoperasian Kereta Api Cirebon Ekspres

Rangkaian KA Cirebon Ekspres telah beroperasi sejak 29 November 1989, yang mana termasuk dalam Daerah Operasi III Cirebon (DAOP III Cirebon). Saat itu, rute yang melayani perjalanan pulang pergi Cirebon-Jakarta ini menawarkan kelas bisnis saja. Seiring berjalannya waktu, ditambah satu kelas lagi yaitu kelas eksekutif. Perjalanan dari Stasiun Gambir menuju ke Stasiun Cirebon (begitupun sebaliknya) memakan waktu sekitar 3 jam dengan jarak tempuh 219 kilometer. Terdapat 4 kali jadwal perjalanan.

Pada 25 Juli 2007, terjadi penambahan gerbong kereta dan rute hingga Brebes. Bahkan telah direncanakan ada tambahan rute ke Ciledug. Namun kemudian, rencana ini dibatalkan. Maka sejak tahun 2009, rute utama dari Cirebon-Jakarta (dan sebaliknya) tetap beroperasi dan rutenya bisa berlanjut hingga Stasiun Tegal. Namun perjalanan tersebut hanya 2 kali keberangkatan saja.

Rangkaian Kereta Api Dan Klasifikasi Kelas Pada KA Cirebon Ekspres

Terdapat 6 nomor kereta api yang terdiri dari 4 kereta dengan jadwal reguer dan 2 jadwal fakultatif. Maksud dari fakultatif adalah keberangkatan kereta api yang hanya dilakukan saat-saat tertentu, seperti ketika akhir pekan Sabtu dan Minggu maupun ketika hari libur. Enam jadwal kereta api tersebut berawal dari Stasiun Gambir dan berakhir di Stasiun Cirebon (berlaku juga dengan rute sebaliknya).

Kini di Kereta Api Cirebon Ekspres terdapat 2 kelas, yaitu kelas eksekutif dan ekonomi AC. Awaln beroperasi memang ada kelas bisnis. Akan tetapi telah ditiadakan lalu diganti dengan kelas ekonomi AC. Dari segi harga pasti berbeda antara 2 kelas tersebut. Namun dari segi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan tidak ada perbedaan.

Fasilitas Yang Akan Penumpang Dapatkan Di Kereta Api Cirebon Ekspress

Fasilitas umum pada kelas eksekutif dan ekonomi AC umumnya sama saja. Pada dua kelas tersebut, tetap ada pendingin ruangan agar penumpang tak kepanasan, bagasi di atas kursi penumpang, toilet yang bersih, petugas kebersihan yang berkeliling serta terdapat gerbong kereta makan atau restorasi. Para train attendant atau pramugari kereta akan menawarkan makanan dan minuman ke seluruh kelas kereta api.

Yang menjadi perbedaan antara kelas eksekutif dan ekonomi AC adalah dari segi kursi penumpang dan beberapa fasilitas umum. Kelas eksekutif akan mendapat kursi penumpang berupa reclining seat atau kursi yang bisa diatur posisi tinggi rendahnya sandaran punggung. Biasanya, akan ada tuas pengatur kursi pada sisi sandaran tangan kursi. Selain itu, kursi juga dilengkapi dengan meja lipat yang bisa digunakan untuk menaruh makanan, minuman atau bagi Anda yang ingin membuka laptop.

Konfigurasi kursi di kelas eksekutif adalah 2-2. Posisinya tidak saling berhadapan dan sejajar dengan arah jalan kereta. Tiap 2 kursi penumpang terdapat 2 stop kontak. Sementara untuk kursi penumpang kelas ekonomi AC, bertipe statis atau tidak dapat diubah posisinya dan empat kursinya saling berhadapan dengan konfigurasi 2-2.

Rute Dan Jadwal KA Cirebon Ekspres

Pemberhentian KA Cirebon Ekspres secara garis besar adalah di Stasiun Cirebon, Stasiun Jatibarang, Stasiun Haurgeulis, Stasiun Cikampek, Stasiun Bekasi Stasiun Jatinegara dan berakhir di Stasiun Gambir. Rute tersebut untuk rute Cirebon-Jakarta dan berlaku untuk rute sebaliknya. Waktu keberangkatannya dilayani pada pagi, siang dan malam hari. Dalam sehari, Kereta Api Cirebon Ekspres ini melayani rute pulang pergi 3 kali.



FAQ Tentang Reservasi Tiket Kereta Api