Sekali Jalan Pulang Pergi *Umur dewasa ≥ 3 tahun, dan umur bayi < 3 tahun.
Gambir
Kota Jakarta
Bandung
Kota Bandung

Sejarah Hingga Jadwal Keberangkatan Kereta Api Kertajaya
Kereta api merupakan salah satu transportasi yang banyak digemari oleh orang Indonesia. Apalagi sekarang, fasilitas-fasilitas yang diberikan transportasi masal ini sangatlah baik. Walaupun begitu harga tiketnya sangatlah pas di kantong. Kereta api di Indonesia memiliki berbagai nama. Kali ini mari membahas salah satu kereta api Indonesia bernama kereta api kertajaya dari sejarah hingga jadwal keberangkatannya.

Sejarah dari kereta api kertajaya

Kertajaya merupakan layanan kereta api dengan kelas premium atau regular yang melayani perjalanan Surabaya Pasarturi – Pasar Senen maupun Pasar Senen-Surabaya Pasarturi. Secara histori sebelum adanya kereta api ini perjalanan kereta api lintas Surabaya-jakarta dilakukan oleh kereta api Gaya Baru Malam Utara dimulai dari tanggal 25 Desember 1971 hingga tahun 2002. Pada tahun tersebut kereta api Gaya Baru Malam Utara digantikan oleh kertajaya yang secara resmi beroperasi pada tanggal 19 Februari 2002.

Pada awal masa operasinya, rangkaian kereta kertajaya merupakan rangkaian baru buatan PT INKA dari tahun 2003 hingga 2005. Selama itu pula, kereta kertajaya beroperasi dengan tambahan rangkaian kereta bagasi yang berwarna biru. Namun setelah adanya kejadian bagasi biru tersebut terbakar, akhirnya untuk bagasi di kereta kertajaya disamakan dengan kereta lainnya. Hingga saat ini kereta kertajaya masih beroperasi. Tertanda mulai dari 1 april 2020, kereta kertajaya dialihkan yang sebelumnya berhenti di Stasiun Semarang Tawang, diubah ke Stasiun Semarang Poncol.

Fasilitas yang diberikan

Sebelumnya kereta kertajaya memiliki 16 rangkaian kereta. Terdiri dari 14 rangkaian kereta ekonomi K3 Premium, 1 rangkaian kereta pembangkit, 1 rangkaian kereta makan, dan sisanya yakni 1 adalah lokomotif CC206. Ke-16 rangkaian kereta ini menggunakan rangkaian gerbong ekonomi AC. Namun tertanggal 26 Mei 2019, kereta kertajaya memiliki rangkaian baru yang terbuat dari logam stainless steel.

Fasilitas lainnya yang diberikan oleh kereta kertajaya ialah setiap gerbong memiliki AC dan kamar kecil masing-masing. Selain itu tersedia juga televisi. Kursi-kursi penumpang kereta ini tertutupi oleh kulit. Dengan konfigurasi tempat duduk seat 2-2 dan kapasitas keseluruhannya yakni 80 set dalam satu gerbong. Penumpang juga mendapatkan selimut dan bantal akan tetapi dengan biaya tambahan. Selain itu jika penumpang merasa lapar, hanya perlu pergi ke kereta makan.

Jadwal keberangkatan

Kereta kertajaya ini berangkat dari Jakarta tepatnya dari stasiun pasar senen pukul 14.00 WIB hingga sampai di tujuan akhir yakni Stasiun Pasar Turi pukul 01.40 WIB. Untuk jadwal keberangkatan dari Surabaya yakni tepatnya dari Stasiun Pasar Turi pada pukul 21.00 dan sampai di Stasiun Pasar Senen pukul 08.40 WIB. Waktu yang ditempuh yakni sekitar 11 jam 40 menit. Kecepatan yang digunakan kereta ini antara 60 hingga 100 Km/jam. Dari Surabaya hingga Jakarta maupun sebaliknya, kereta kertajaya menggunakan jalur utara dengan singgah atau melakukan pemberhentian di beberapa stasiun. Stasiun-stasiun tersebut diantaranya Stasiun Lamongan, Stasiun Babat, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Cepu, Stasiun Randublatung, Stasiun Ngrombo, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Weleri, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Brebes, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, dan Stasiun Haur Geulis.

Itulah mengenai sejarah hingga jadwal keberangkatan kereta api kertajaya. Bagi anda yang sedang memerlukan dan mencari tiket kereta, anda bisa membelinya melalui tiketkeretaapi.com. Anda bisa memasukan kode: Promo untuk mendapatkan voucher hotel Rp100.000,00 secara gratis. Jadi tunggu apalagi, segeralah beli tiket di tiketkeretaapi.com.



FAQ Tentang Reservasi Tiket Kereta Api


1. Apakah saya bisa refund tiket kereta dan bagaimana prosedurnya ?
Ya bisa, pembatalan tiket kereta hanya bisa dilakukan dengan mengisi formulir pembatalan yang ada di stasiun dan selambat-lambatnya 1 jam sebelum keberangkatan. Dana yang dikembalikan hanya sebesar 75 % dari total pembelian tiket.
2. Bolehkah saya booking tiket kereta untuk orang lain ?
Ya, kamu bisa booking untuk orang lain untuk teman, pasangan atau keluarga.
3. Bagaimana cara memesan tiket untuk anak di bawah umur tapi belum memiliki kartu identitas ?
Bagi anak di bawah umur yang belum memiliki KTP/SIM/Paspor memasukkan tanggal lahir saat booking tiket kereta api.
4. Bolehkah saya mengganti / reschedule tiket kereta yang telah di beli dan berapa biayanya?
Ya , kamu bisa mengganti jadwal ulang tiket kereta dengan datang langsung ke stasiun terdekat dan biaya yang dikenakan sebesar selisih dari tiket yang telah dibeli sebelumnya.
5. Apakah saya boleh hanya menunjukan kartu identitas hanya foto kopinya saja?
Tidak Bisa, semua kartu identitas dalam bentuk apapun wajib menunjukan yang asli.
6. Apa yang harus saya lakukan jika saya bawa bayi 8 bulan sedangkan saya hanya booking untuk saya dan istri saja ?
Saat mau naik kereta api, minta pada petugas loket stasiun tiket infant. Tiket Infant ini khusus untuk anak usia dibawah 3 tahun yang tidak mengambil tempat duduk sendiri atau dipangku. Tiket free alias gratis.
7. Apakah saya bisa membatalkan tempat duduk untuk tiket kereta yang sudah saya pesan?
Bisa, dengan cara membatalkan tempat duduk anda, dan asalkan tempat duduk yang dimaksud masih tersedia. Atau solusinya bisa tukar tempat duduk dengan meminta secara baik-baik kepada pemilik tempat duduk yang diinginkan
8. Kemana saya harus menghubungi jika barang saya ada yang ketinggalan di kereta ?
Silahkan hubungi call center 121 atau datang langsung ke stasiun terdekat untuk memberikan laporan.
9. Apakah tiket masih berlaku jika data diri yang saya masukkan untuk booking kereta ada kesalahan nama dan ktp.
Masih berlaku selama kesalahan nama masih sedikit seperti Cuma satu huruf saja, jika perbedaan huruf terlalu banyak maka tidak berlaku.
10. Apakah saya bisa menggunakan kartu identitas lain saat masuk boarding gate jika ktp saya hilang?
Boleh, asalkan nama yang tertera pada kartu identitas lain tersebut sama namanya dengan nama yang ada di tiket kereta anda.