Sekali Jalan Pulang Pergi *Umur dewasa ≥ 3 tahun, dan umur bayi < 3 tahun.
Gambir
Kota Jakarta
Bandung
Kota Bandung

Menilik Lebih Dalam Tentang Kereta Api Majapahit
Di Indonesia, kereta bukanlah kendaraan yang jarang digunakan. Bahkan, banyak masyarakat yang nyatanya memilih kereta api untuk dijadikan kendaraan alternatif terutama untuk bepergian antar kota dalam 1 pulau. Jenis kereta pun sudah sangat beragam sekali. Beberapa di antaranya adalah kereta api karatau, kereta api kerta jaya, kereta api Logawa, kereta api Malabar, kereta Api Gajayana, Kereta Api Jayabaya, Kereta Api Brantas, Kereta Api Serayu, Kereta Api Majapahit, dan masih banyak lagi.

Kereta Majapahit seringkali disebut – sebut oleh banyak orang dan banyak pula yang merekomendasikan penggunaan Kereta Api Majapahit ini. Untuk itu, kali ini Saya ingin membahas mengenai beberapa hal tentang kereta api majapahit. Penasaran? Simak informasi berikut ini ya!

Kereta Api Majapahit

Kereta Api Majapahit merupakan salah satu kereta api yang juga melayani perjalanan untuk kelas ekonomi yang rutenya adalah kota Jakarta dan Kota Malang. Kereta api ini biasanya menghubungkan antara 2 stasiun yakni stasiun Malang Kota Baru dengan Stasiun di Jakarta Pasar Senen. Biasanya kereta api ini juga melewati Stasiun Semarang Tawang yang ada di Semarang. Dengan rute melewati bagian – bagian kota ini, membuat kereta api ini dapat menyuguhkan pemandangan yang sangat cantic di perjalanan menjelang pagi hari untuk para penumpangnya. Terutama saat kereta api sedang melewati kawasan Pantura Jaya. Misalnya seperti pekalongan, Semarang, Demak, Grobogan, Serta Solo – Madiun.

Keberangkatan Kereta Api Majapahit

Untuk kereta Majapahit sendiri, kini melakukan pemberlakukan frekuensi perjalanan harian dimana untuk satu harinya akan diadakan keberangkatan pulang pergi satu kali. Dimana untuk keberangkatan yang asalnya dari Stasiun Malang Kotabaru akan berangkat sekitar pukul 18.30 petang dengan waktu perjalanan yakni sekitar 15 jam 38 menit dengan perkiraan kereta api tiba di kota tujuan sekitar pukul 10 pagi. Sedangkan untuk keberangkatan yang berasal dari Jakarta ( stasiun Pasar Senen ) akan tersedia pada pukul 18.15 dan dengan waktu tempuh jalan sedikit lebih lama mencapai hamper 16 jam. Kereta diperkirakan sampai di kota tujuan sekitar pukul 10 keesokan harinya.

Kondisi Kereta Api Majapahit

Kereta Api Majapahit merupakan salah satu jenis kereta api ekonomi yang dilengkapi dengan pendingin ruangan ( non subsidi ), sehingga Anda bias membandingkan fasilitas yang ada di kereta ini akan lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa kereta ekonomi lainnya. Selain itu, di tiap gerbongnya juga dilengkapi dengan toilet pada ujung gerbong. Untuk tempat duduk sekitar 64 sampai 80 tempat duduk yang disusun 2 – 2. Terdapat pula stop kontak, meja kecil, serta ruang penyimpanan lebih untuk bagasi. Sama seperti kebanyak kereta, pelayanan makanan dikenakan biaya tambahan lagi di luar tiket kereta.

Kereta Api Sponsor

Kereta Api Majapahit ini nyatanya merupakan sebuah kereta api sponsor dimana kereta ini pada awalnya diproduksi oleh pihak PT INKA. Kereta ini kemudian dicatat dan dianggap sebagai sebuah kereta yang selanjutnya dipesan PT KAI ( persero ), yang didapatkan dengan sponsor kementerian perhubungan Indonesia, namun memang tidak menggunakan sama sekali subsidi atau aliran dana dari pihak pemerintah.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai kereta api majapahit. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi untuk Anda dalam memilih kereta ekonomi yang hendak Anda naiki untuk bepergian ke luar kota ya! Selamat mencoba!



FAQ Tentang Reservasi Tiket Kereta Api


1. Apakah saya bisa refund tiket kereta dan bagaimana prosedurnya ?
Ya bisa, pembatalan tiket kereta hanya bisa dilakukan dengan mengisi formulir pembatalan yang ada di stasiun dan selambat-lambatnya 1 jam sebelum keberangkatan. Dana yang dikembalikan hanya sebesar 75 % dari total pembelian tiket.
2. Bolehkah saya booking tiket kereta untuk orang lain ?
Ya, kamu bisa booking untuk orang lain untuk teman, pasangan atau keluarga.
3. Bagaimana cara memesan tiket untuk anak di bawah umur tapi belum memiliki kartu identitas ?
Bagi anak di bawah umur yang belum memiliki KTP/SIM/Paspor memasukkan tanggal lahir saat booking tiket kereta api.
4. Bolehkah saya mengganti / reschedule tiket kereta yang telah di beli dan berapa biayanya?
Ya , kamu bisa mengganti jadwal ulang tiket kereta dengan datang langsung ke stasiun terdekat dan biaya yang dikenakan sebesar selisih dari tiket yang telah dibeli sebelumnya.
5. Apakah saya boleh hanya menunjukan kartu identitas hanya foto kopinya saja?
Tidak Bisa, semua kartu identitas dalam bentuk apapun wajib menunjukan yang asli.
6. Apa yang harus saya lakukan jika saya bawa bayi 8 bulan sedangkan saya hanya booking untuk saya dan istri saja ?
Saat mau naik kereta api, minta pada petugas loket stasiun tiket infant. Tiket Infant ini khusus untuk anak usia dibawah 3 tahun yang tidak mengambil tempat duduk sendiri atau dipangku. Tiket free alias gratis.
7. Apakah saya bisa membatalkan tempat duduk untuk tiket kereta yang sudah saya pesan?
Bisa, dengan cara membatalkan tempat duduk anda, dan asalkan tempat duduk yang dimaksud masih tersedia. Atau solusinya bisa tukar tempat duduk dengan meminta secara baik-baik kepada pemilik tempat duduk yang diinginkan
8. Kemana saya harus menghubungi jika barang saya ada yang ketinggalan di kereta ?
Silahkan hubungi call center 121 atau datang langsung ke stasiun terdekat untuk memberikan laporan.
9. Apakah tiket masih berlaku jika data diri yang saya masukkan untuk booking kereta ada kesalahan nama dan ktp.
Masih berlaku selama kesalahan nama masih sedikit seperti Cuma satu huruf saja, jika perbedaan huruf terlalu banyak maka tidak berlaku.
10. Apakah saya bisa menggunakan kartu identitas lain saat masuk boarding gate jika ktp saya hilang?
Boleh, asalkan nama yang tertera pada kartu identitas lain tersebut sama namanya dengan nama yang ada di tiket kereta anda.