Stasiun Gondangdia – Stasiun Layang Yang Layak Dicoba

Detail Informasi Stasiun Gondangdia

stasiun gondangdia
stasiun gondangdia

Stasiun Gondangdia (GDD) adalah stasiun kereta api kelas II yang terletak di Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Meskipun diberi nama Gondangdia, stasiun ini sebenarnya tidak terletak di Kelurahan Gondangdia, tetapi terletak agak sedikit ke utara dari Kelurahan Gondangdia itu sendiri. Stasiun yang terletak pada ketinggian +17 meter ini hanya melayani rute KRL Commuter Line.

Stasiun Gondangdia yang aktif sekarang merupakan stasiun layang di jalur segmen Manggarai-Jakarta Kota. Pada tanggal 5 Juni 1992, Presiden Soeharto beserta Ibu Tien dan jajaran di pemerintahan meresmikan jalur layang tersebut dengan naik KRL dari Gambir menuju Stasiun Jakarta Kota.

Letaknya cukup strategis karena berada di dekat perkantoran. Di lantai bawah kompleks stasiun ini dahulu terdapat kios-kios yang ditempati oleh pedagang yang membayar sewa ke PT Kereta Api, tetapi saat ini ruang-ruang komersial tersebut sudah dibongkar.

Kantor pusat PT Kereta Api Logistik (Kalog) juga berada di stasiun ini. Area sekitar stasiun ini sedang dilakukan renovasi untuk mempererat integrasi antarmoda (dengan Transjakarta), menata kembali pedagang kaki lima sekitar stasiun dan mempermudah akses pejalan kaki.

Diperkirakan selesai pada 2021, penataan ini dilakukan di bawah payung PT Moda Integrasi Transportasi Jakarta, perusahaan patungan MRT Jakarta dan PT KAI.

Bangunan dan Letak Stasiun Gondangdia

Bangunan Stasiun Gondangdia ini modern dengan sentuhan panel berwarna kuning cerah yang sampai hari ini masih dipertahankan dan tidak pernah diubah catnya. Diketahui, proyek tersebut yang telah dimulai pada Februari 1988 menghabiskan dana sebesar Rp432,5 miliar rupiah dan pada saat diresmikan belum sepenuhnya selesai hingga akhirnya bisa beroperasi penuh setahun kemudian

BACA JUGA  Jadwal KA Bengawan 2024: Jadwal Perjalanan, Harga Tiket, dan Info Lainnya

Lokasi Stasiun

Lokasi Jalan Srikaya No. 1
Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, 10340
Indonesia
Ketinggian +17 m
Pengelola KAI Commuter
Letak dari pangkal km 6+550 lintas Jakarta-Manggarai-Bogor/Nambo[1]
Jumlah peron Dua peron sisi yang tinggi
Jumlah jalur 2

Antarmoda pendukung

Jenis angkutan umum Trayek Rute

Bus kota Transjakarta 1H Stasiun Gondangdia-Stasiun Tanah Abang
2P Stasiun Gondangdia-Terminal Pasar Senen
2Q Stasiun Gondangdia-Balai Kota DKI Jakarta
6H Terminal Pasar Senen-Lebak Bulus
Mikrotrans 10A Stasiun Gondangdia-Stasiun Cikini (via Salemba Raya)
10B Stasiun Gondangdia-Stasiun Cikini (via Kramat Raya)

Google Maps

Video Stasiun Gondangdia

Klik disini untuk pemesanan tiket kereta api jarak jauh.

 

 

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend