Berapakah Harga Tiket Kereta Api Ekonomi AC Yang Harus Anda Bayar?

Melakukan perjalanan panjang dan jauh disarankan untuk memakai moda transportasi kereta api. Kereta api ini akan memangkas waktu perjalanan Anda. Tiket kereta api ekonomi AC menjadi primadona banyak orang karena harganya terjangkau. Harga tiket kereta api ekonomi AC ini jauh lebih murah dibandingkan kelas eksekutif ataupun bisnis. Terlebih lagi fasilitas kereta api ini juga sudah sangat nyaman.

Tujuan Perjalanan Kereta Api Ekonomi

Sebelum Anda membeli tiket kereta eknomi AC, pastinya Anda akan menentukan tujuan perjalanan Anda. Biasanya tujuan perjalanan akan mempengaruhi pilihan jenis kereta dan harga tiket kereta api ekonomi AC ini. Sebagai contoh, misalnya Anda akan melakukan perjalanan ke Semarang dari Tegal, maka Anda akan naik kereta api Kaligung.

Kereta api ekonomi AC ini akan berhenti di beberapa stasiun seperti Pekalongan, Pemalang, dan Weleri. Tentu saja harga tiket dari Tegal ke Semarang dan Tegal ke Pekalongan akan sangat berbeda. Jadi, tujuan perjalanan menjadi salah satu faktor harga tiket kereta api ekonomi AC yang akan Anda beli. Pastikan bahwa Anda sudah menentukan tujuan perjalanan Anda sebelum membeli tiket kereta api ekonomi AC.

Tempat Duduk KA Ekonomi

Selain tujuan perjalanan, biasanya tempat duduk juga berpengaruh terhadap harga tiket kereta api ekonomi yang ditawarkan. Biasanya tempat duduk yang berwarna biru tua merupakan tempat duduk yang menjadi prioritas di kereta tersebut. Tempat duduk ini memiliki akses cepat ke daerah bordes. Tempat duduk ini biasanya memiliki nomor 1 sampai 4 di baris A, B, C, dan D. Ada juga tempat duduk 19 – 22 di baris yang sama dengan prioritas jauh lebih baik.

BACA JUGA  Info Stasiun dan Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Blitar Jakarta

Pemilihan tempat duduk ini memang didasari alasan kuat karena posisinya yang jauh lebih dekat dengan akses bordes dan toilet sehingga penumpang bisa segera pergi kesana saat membutuhkannya. Harga tiket kereta api di kursi ini biasanya sedikit jauh lebih mahal. Apalagi untuk tiket kereta api ekonomi jarak jauh. Tempat duduk yang sangat ideal dan tahan goncangan juga menjadi tempat favorit banyak orang. Tentu saja harganya juga sedikit lebih mahal. Tempat duduk yang berada di tengah gerbong di nomor 11 dan juga 12 akan mempunyai harga yang sedikit lebih mahal jika di dalam kereta api ekonomi AC jarak jauh. Hal ini dikarenakan tempat duduk ini tahan guncangan dan terhindar dari suara bising. Tapi, hal ini tak berlaku untuk kereta api ekonomi jarak dekat.

Bagian Kelas Kereta Api Ekonomi

Tak hanya kedua hal diatas saja. Bagian atau sub kelas kereta api ekonomi juga berpengaruh terhadap harga tiket yang ditawarkan. Secara umum tak ada perbedaan signifikan dari fasilitasnya untuk sub kelas satu, kelas dua, ataupun yang lainnya. Misalnya dalam kereta api ekonomi AC. Ekonomi komersial ini terdiri dari sub kelas C, P, Q, S, dan Z. Sub kelas C mempunyai tarif dan harga tiket tertinggi. Sedangkan kelas S mempunyai harga tiket terendah. Kelas Z mempunyai tarif promo untuk kereta api ekonomi AC.

Tak ada perbedaan signifikan untuk masing – masing kelas di kereta api ekonomi AC ini. Biasanya sub kelas dengan harga tertinggi posisinya jauh lebih menguntungkan karena di bagian tengah dari rangkaian gerbong kereta api ekonomi AC. Tentu saja, Anda yang duduk di bagian sub tertinggi akan lebih mudah untuk turun dan naik ke gerbong dengan mudah. Itulah tadi beberapa hal yang berpengaruh terhadap harga tiket kereta api ekonomi AC.

BACA JUGA  Gunakan Tiket Kereta Jakarta ke Solo Untuk Liburan 2022 Yang Kece!

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend