Pesan Tiket Kereta Api Indonesia Online Berdasar 5 Sub Kelas Keretanya

Sebagai alat transportasi umum, tiket kereta api Indonesia diklasifikasikan berdasarkan pada fasilitas dan layanannya. Semakin banyak layanan yang diberikan, semakin mahal pula harga tiketnya. Menariknya, kereta api bukan hanya dibedakan berdasarkan pada kelas tapi juga memiliki beberapa subkelas.

Mengenal 5 subkelas kereta api di Indonesia

tiket kereta api indonesia

Menggunakan kereta api tanpa mengetahui fitur dan fasilitasnya menandakan kurangnya perhatian yang Anda berikan pada modal transportasi tersebut. Sebelum mengeluarkan uang untuk membeli tiket kereta api, simak terlebih dahulu perbedaan layanan subkelas KA Indonesia berikut ini:

  1. Eksekutif

Sekilas subkelas eksekutif mempunyai tampilan visual yang mirip dengan subkelas bisnis. Namun bila diperhatikan secara seksama, kelas eksekutif jauh lebih eksklusif karena hanya menyediakan 50 kursi. Selain jumlah kursi yang sedikit, subkelas eksekutif juga menyediakan berbagai fasilitas terlengkap termasuk bantal, televisi, AC, selimut dan kursi yang nyaman.

Perjalanan jarak jauh dengan kereta subkelas eksekutif jauh lebih pendek daripada kereta ekonomi. Kereta api tidak perlu berhenti di seluruh stasiun yang dilewati sebagaimana KA subkelas ekonomi.

  1. Bisnis

Di bawah subkelas eksekutif adalah kereta api jarak jauh subkelas bisnis. Yang istimewa dari subkelas bisnis adalah pengaturan kursi yang lebih nyaman daripada subkelas ekonomi. Penumpang tidak perlu duduk berdesak-desakan dan menekuk kaki selama perjalanan.

Fasilitas lain yang ditemukan dari subkelas bisnis adalah keberadaan colokan listrik juga penyejuk udara. Jumlah kursi di subkelas ini sebanyak 64 kursi dengan setting 2-2. Memungkinkan penumpang untuk tidur dengan lebih nyaman dan nyenyak.

  1. Ekonomi

Saat menggunakan subkelas ekonomi untuk perjalanan jarak jauh, Anda harus menuju stasiun yang berbeda dari subkelas KA lainnya. Kapasitas penumpang di subkelas ekonomi sebanyak 106 penumpang dengan setting kursi 2-3 .

Kelebihan utama dari tiket kereta api Indonesia subkelas ekonomi adalah harganya yang sangat terjangkau. Bila dibandingkan dari tiket bisnis atau eksekutif. Sayangnya karena harganya yang relatif lebih murah, tiket subkelas ekonomi lebih cepat habis daripada jenis tiket KA lainnya.

  1. Sleeper

Ingin memperoleh fasilitas lengkap saat menggunakan modal transportasi kereta api? Pilih subkelas sleeper yang memungkinkan Anda untuk tidur dengan sangat nyaman selama perjalanan. Subkelas sleeper dilengkapi dengan kursi ala bisnis class di pesawat terbang. Kursi tersebut dapat direbahkan hingga 150 derajat.

Selain dilengkapi dengan teknologi modern, kursi di sub kelas sleeper juga sangat empuk. Akan membantu tidur Anda menjadi lebih nyenyak. Fasilitas lainnya yang bisa Anda terima di antaranya adalah televisi touchscreen 12 inci plus earphone, USB charger, camilan dan makan 2x plus air minum.

  1. Prioritas

Mungkin tidak semua daerah menyediakan jenis kereta api Indonesia subkelas prioritas. Apa yang mengistimewakan dan membedakan subkelas prioritas dari subkelas lainnya? subkelas ini memungkinkan Anda menikmati seluruh fitur dan fasilitas KA secara privat.

Seperti makanan ala carte atau fasilitas karaoke. Kereta api subkelas prioritas juga memiliki desain yang sangat unik dan berkarakter. Warna emas dan coklat terlihat sangat dominan menghiasi seluruh bodi kereta. Jumlah penumpang yang bisa ditemukan di subkelas prioritas tidak banyak sekitar 28 orang.

Alasan pesan tiket kereta api secara online

Memilih kereta api sebagai alat transportasi merupakan tindakan yang cerdas. Apalagi jika Anda punya masalah dengan ketinggian atau sering mabuk laut. Kereta api menawarkan durasi perjalanan lebih cepat daripada bus meski keduanya sama-sama alat transportasi darat.

Pesan tiket kereta api Indonesia belakangan ini lebih praktis karena bisa dilakukan secara online. Berikut ini alasan seseorang memutuskan pesan tiket KA online:

  • Menyediakan rute alternatif

Ketika tiket KA yang ingin Anda pesan sudah habis terjual, di situs atau aplikasi jual tiket KA online Anda bisa menemukan rute alternatif. Tindakan ini jarang ditawarkan ketika Anda membeli tiket secara offline. Apalagi jika layanan loket stasiun dipenuhi antrean.

Dengan rute kereta api alternatif, Anda masih bisa melakukan perjalanan dinas bahkan traveling ke berbagai kota di tanah air. Tidak perlu beralih dengan pesan tiket pesawat yang lebih mahal harganya.

  • Menawarkan sejumlah promo tiket kereta api menarik

Pesan secara online juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan promo cashback atau diskon menarik. Semakin sering Anda membeli tiket KA online, semakin besar pula kemungkinan Anda untuk mengumpulkan poin atau hadiah menarik.

Cashback yang Anda dapatkan bisa dimanfaatkan kembali untuk membeli tiket kereta api online di kemudian hari. Beberapa situs umumnya tidak memberikan tenggat waktu untuk poin cashback.

  • Fitur dan layanan memanjakan pelanggan

Situs dan aplikasi dibuat oleh orang-orang yang cerdas di bidang IT. Semakin bertambahnya hari, situs maupun aplikasi mendapatkan maintenance lengkap bahkan update teknologi. Jika sebelumnya Anda tidak menemukan layanan A pada situs. Tidak mustahil di bulan depan atau beberapa bulan yang akan datang, Anda akan menemukan layanan tersebut.

Layanan dan fitur yang disematkan oleh situs atau aplikasi belanja tiket kereta api di tanah air sangat memanjakan para pelanggan setianya. Untuk pengalaman sempurna, pastikan telah seleksi marketplace online tiket KA-nya dengan baik.

  • Pesan mudah dengan metode pembayaran bervariasi

Proses pemesanan yang dilakukan secara online terkenal akan kemudahannya. Jauh lebih mudah karena Anda tidak perlu repot pergi ke loket stasiun atau minimarket. Cukup tatap layar laptop/ PC/ smartphone, Anda sudah bisa mengajukan pemesanan tiket KA.

Setelah memesan tiket yang Anda butuh, pilih metode pembayaran yang paling sesuai. Masing-masing situs atau aplikasi belanja tiket KA umumnya menyediakan metode pembayaran beragam bukan hanya transfer via ATM saja.

Cara pesan tiket kereta api Indonesia online

Tertarik belanja tiket di situs atau aplikasi online? Ikuti langkah berikut ini agar belanja tiket Anda menguntungkan:

  1. Silahkan install aplikasi atau melakukan pembelian melalui situs online. Anda cukup masuk ke website penjualan tiket kereta api terpercaya seperti com.
  2. Selanjutnya, isi formulir pemesanan yang tertera di kolom belanja tiket KA. Formulir yang dimaksud di antaranya adalah asal keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal berangkat, kategori penumpang dan terakhir tentu saja jumlah tiketnya. Selain itu, pilih opsi apakah beli tiket sekali jalan atau pulang pergi (PP)
  3. Setelah itu, jangan lupa untuk pilih subkelas kereta api. Jika ingin perjalanan super nyaman Anda bisa pilih kelas eksklusif. Harga tiket kereta api Indonesia akan menyesuaikan.
  4. Lakukan konfirmasi pada kelas dan juga jadwal keberangkatan Anda. Setelah yakin tidak ada informasi yang salah atau tanggal keberangkatan yang keliru. Klik lanjut untuk menyelesaikan pembayaran.
  5. Usai pembayaran dilakukan, simpan e-tiket yang dikirim ke akun pribadi Anda. Kode inilah yang bisa Anda tukarkan dengan tiket asli.

Itulah tata cara pesan tiket kereta api secara online. Baik melalui aplikasi maupun situs, keduanya sama mudahnya. Perbedaannya, Anda hanya perlu kunjungi website atau install aplikasinya. Agar tiket kereta api Indonesia yang Anda dapatkan sesuai, pilih situs atau aplikasi yang terbukti andal seperti cara di atas.

Comments

0 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend