4 Peraturan Tiket Kereta Api Untuk Anak yang Perlu Diketahui

Berapa sesungguhnya harga satu tiket kereta api untuk anak? Apakah harganya sama dengan tiket orang dewasa? Bagaimana dengan fasilitasnya, apakah fasilitas yang diberikan juga sama volumenya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering kali dikemukakan oleh mereka yang tertarik menggunakan kereta api untuk perjalanan dekat atau jauh.

Peraturan mengenai tiket kereta api untuk anak

Bagi orang tua, meninggalkan anak di rumah tanpa penjagaan bukanlah tindakan terpuji. Apalagi jika Anda berencana bepergian jauh ke luar kota dalam beberapa hari. Agar anak tetap aman dan Anda pun merasa nyaman bepergian. Ajak anak turus serta melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda catat sebelum memakai fasilitas kereta api:

  1. Klasifikasi Kategori Penumpang Kereta Api

Sebagai pengguna pemula kereta api atau pengguna setia, Anda wajib mengetahui macam-macam kategori penumpang KA. Dewasa ini, tiket kereta api dibedakan dalam dua kategori yakni tiket dewasa dan bayi.

Berapa usia yang termasuk tiket dewasa dan tiket bayi? Tiket bayi hanya diberikan pada anak yang usianya kurang dari 3 tahun. Sementara tiket dewasa diberikan pada anak berusia mulai dari 3 tahun. Kategori ini wajib Anda ingat sebelum membeli tiket kereta api online di tiketkeretaapi.com agar tidak salah mengajukan booking.

  1. Hukum Memiliki Tiket Untuk Anak

Meskipun termasuk anak-anak atau bayi, bukan berarti dibebaskan tanpa pemesanan tiket sama sekali. Di tempat jual tiket kereta api untuk anak, Anda wajib input data anak tanpa terkecuali. Entah itu bayi, balita maupun anak berusia lebih dari 5 tahun.

BACA JUGA  4 Daftar Stasiun Tujuan Tiket Kereta Api Bandung Solo

Pemesanan tiket hukumnya wajib, nantinya tiket virtual akan ditukarkan menjadi tiket fisik. Jika bayi Anda tidak dibekali tiket, risikonya bayi tidak diizinkan masuk oleh petugas kereta api.

  1. Tarif Stroller Anak

Bagaimana dengan orang tua yang anaknya masih membutuhkan stroller? Apa ada biaya khusus yang dibebankan? Anda sebagai orang tua wajib bernapas lega karena stroller bayi tidak dipungut tarif atau biaya tambahan. Jadi, jangan mau membayar biaya stroller jika ada petugas yang memungutnya.

  1. Harga Tiket Anak

Untuk masalah harga tiket kereta api untuk anak sendiri dibedakan berdasarkan pada kategorinya. Silakan Anda simak kembali kategori tiket kereta api yang telah dijelaskan di atas:

  • Tiket Bayi

Membeli tiket bayi tidak perlu mengeluarkan biaya alias free. Berapa banyak tiket yang Anda beli untuk bayi semua tidak dipungut biaya sama sekali. Dengan catatan, detail usia semua bayi sesuai dengan aturan kategori penumpang.

  • Tiket Dewasa

Sementara untuk tiket dewasa dikenakan tarif yang sama dengan orang dewasa meski usia anak baru 3 tahun. Anak-anak pun berhak menempati seat yang telah dipesan tidak perlu dipangku oleh orang tuanya.

Informasi tambahan jika Anda memiliki bayi kembar atau dua bayi dan berencana melakukan perjalanan seorang diri. Maka pemerintah menganjurkan untuk membeli satu tiket dewasa dan satu tiket bayi. Terkecuali jika masing-masing bayi dibawa oleh ayah dan ibunya. Maka tiket yang harus dibeli adalah 2 tiket dewasa dan 2 tiket bayi.

Demikianlah informasi sederhana dan menarik seputar tiket kereta api untuk bayi atau anak-anak. Anda yang memiliki bayi wajib memahami peraturan-peraturan di atas sebelum memesan tiket kereta api. Jangan sampai kesalahan booking tiket membuat perjalanan Anda menjadi tertunda atau bahkan dibatalkan.

BACA JUGA  Uji Rapid Test di Stasiun Hanya 15 ribu Saja!

Membeli tiket tidak hanya melihat destinasi dan jam keberangkatannya saja. Ada detail penumpang yang harus Anda tulis dengan baik dan benar, termasuk saat membeli tiket kereta api untuk anak.

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

Send this to a friend