6 Cara Cancel Tiket Kereta Api Secara Online Agar Dapat Refund

Selain cara beli tiket online kamu juga wajib tahu cara cancel tiket kereta api secara online. Cancel tiket tentu saja diperbolehkan ketika kamu memang berhalangan pergi pada jadwal tersebut. Terlebih pada era pandemi ini jika dalam kondisi tidak sehat tentu tidak boleh pergi.

Sebelumnya kamu bisa pesan tiket kereta api di https://www.tiketkeretaapi.com Di situs ini disediakan cara paling mudah pesan tiket online. Bahkan ada banyak manfaat yang ditawarkan seperti gratis voucher hotel Rp 100 ribu, bebas pilih tempat duduk hingga berbagai pilihan metode pembayaran.

Cara cancel tiket kereta api secara online melalui web/ aplikasi

Namun jika sudah terlanjur beli dan ingin membatalkan pesanan tiketmu, maka langkah yang bisa dilakukan:

  1. Masuk ke aplikasi KAI Access

Kebijakan pembatalan tiket secara online ini sebenarnya baru saja rilis pada bulan April tahun 2020 lalu. Kebijakan ini bertujuan untuk menekan penyebaran COVID-19. Sehingga sebisa mungkin semua kegiatan ticketing kereta api bisa melalui online.

Untuk melakukan pembatalan tiket online ini kamu hanya cukup membuka aplikasi KAI Access. Cara pembatalan ini tidak akan memakan waktu banyak dan tanpa antre. Namun perlu diketahui bahwa pembatalan ini hanya didukung untuk aplikasi dalam versi terbaru.

  1. Masuk ke menu perjalanan

Cara cancel tiket kereta api secara online di rumah saja selanjutnya adalah masuk pada menu “perjalanan.” Kemudian masukkan digit kode booking yang ada pada kolom yang tersedia. Pastikan digit kodenya benar dimanapun tempat kamu membeli tiket tersebut.

BACA JUGA  3 Cara Memesan Tiket Kereta Api

Aplikasi ini mampu membatalkan pemesanan tiket yang berasal dari e-commerce maupun dari aplikasinya sendiri.

  1. Pilih menu e-tiket

Perlu kamu tahu bahwa pembatalan tiket ini hanya bisa dilakukan untuk tiket yang sudah dalam status pembayaran lunas saja. Bahkan untuk memilih menu “e-tiket” ini juga hanya aktif dalam waktu maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Kamu cukup klik pilihan “pembatalan tiket” pada menu tersebut kemudian tunggu beberapa saat sampai muncul laman yang baru.

  1. Pilih data

Cara cancel tiket kereta api secara online KAI Access selanjutnya dengan memilah data yang tersedia dalam aplikasinya. Dalam laman tersebut pilih nama penumpang yang ingin kamu batalkan pemesanannya.

Sebelum melakukannya kamu harus membaca syarat dan ketentuan yang berlaku ketika membatalkan tiket tersebut. Jangan lupa untuk mencentang pada bagian syarat dan ketentuannya sebagai bukti bahwa kamu menyetujuinya.

Proses berikutnya adalah kamu akan diminta untuk memasukkan data rekening bank untuk melakukan proses refund. Jangan lupa untuk mengecek berulang mengenai nama pemilik rekening dan nomor bank rekening yang dimasukkan.

Pihak kereta api tidak akan bertanggungjawab dengan rekening yang tidak valid ketika melakukan refund dana pembatalan tiketnya.

  1. Lakukan konfirmasi

Lalu kamu harus melakukan konfirmasi terkait pembatalan tiket yang dilakukan.  Pada tahap ini jika kamu berubah pikiran tiket yang ada masih bisa kamu gunakan. Namun jika sudah yakin silahkan tekan “konfirmasi dan setujui untuk melanjutkan” pada halaman terkait.

Setelah tombol tersebut ditekan tentu pembatalan ini akan diproses. Beberapa saat kemudian akan muncul laman yang memberikan informasi bahwa pembatalan tiket telah berhasil. Namun kamu harus menunggu tahap berikutnya yakni proses refund.

  1. Proses refund dana

Nyatanya setelah melakukan pembatalan tiket kamu tidak langsung bisa menerima refund dananya. Ada jangka waktu selama 30 hari untuk kembalinya dana pembelian ke rekeningmu.

BACA JUGA  Kereta Api Bima, Kereta Eksekutif Tujuan Jakarta-Malang

Tapi perlu diketahui bahwa pengembalian dana ini dilakukan sepenuhnya sesuai harga tiket yang kamu bayar. Jadi jangan khawatir uangnya akan terpotong dan pasti masuk ke rekening terkait.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk cara cancel tiket kereta api secara online.

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend