4 Langkah Mudah Cetak Tiket Kereta Api di Stasiun Bekasi

Saat ini kamu bisa melakukan cetak tiket kereta api di stasiun Bekasi secara mandiri dengan praktis. Umumnya fasilitas semacam ini terdapat pada kereta api yang menerapkan sistem boarding pass. Tersedia check-in counter untuk mencetak tiket berdasarkan kode booking-nya.

Cara cetak tiket kereta api di stasiun Bekasi

  1. Check-in counter

Sebuah stasiun bisa melakukan cetak tiket mendiri jika di dalamnya terdapat fasilitas check-in counter. Biasanya fasilitas seperti ini banyak terdapat untuk keperluan kereta api tujuan jarak jauh, seperti yang ada di Bekasi.

Untuk melakukan proses ini kamu bisa menggunakan waktu dari 7 hari sebelum jadwal keberangkatan. Kebijakan ini berguna untuk meminimalisir terjadinya antrean yang panjang untuk cetak tiketnya.

  1. Cetak tiket pada hari keberangkatan

Cetak tiket kereta api di stasiun Bekasi kedua yaitu ketika penumpang ingin melakukan cetak pada hari keberangkatan secara langsung. Untuk bisa melakukan cetak ini hanya berlaku pada stasiun keberangkatan saja.

Namun untuk kamu yang melewati transit terlebih dahulu bisa juga menggunakan stasiun antara dalam mencetak tiketnya.

  1. Carilah mesin check-in

Setelah mengantongi kode booking tiket terkait langkah berikutnya adalah kamu harus mencari mesin check-in untuk mencetaknya. Jangan lupa untuk membawa bukti pembelian yang ada kode booking-nya.

Mulailah check-in dengan input digit kode booking tiket pada mesinnya. Setelah itu beberapa kemudian mesin akan memberikan boarding pass-mu. Boarding pass ini berisikan ID, nama, nama kereta api, kode booking dan juga keberangkatan kereta.

  1. Lakukan scanning

Kemudian kamu bisa melakukan scanning barcode yang tertera pada kode booking tersebut. Barulah boardingmu akan tercetak oleh mesin berdasarkan informasi yang sudah kamu berikan sebelumnya.

BACA JUGA  Booking Tiket Kereta Api Malang Jogja Sesuai Rutenya

Cara ini bisa menjadi alternatif untuk menghemat waktu dari pada harus mengetikkan digit nomor kode bookingnya.

Sebelum cetak tiket di stasiun, kamu bisa pesan terlebih dahulu tiketnya di https://www.hotelmurah.com/tiketkeretaapi/. Situs ini menyediakan cara pesan tiket kereta api termudah dengan bonus voucher hotel gratis Rp 100 ribu!

Tips untuk boarding pass di stasiun

Beberapa stasiun kereta api dengan jarak jauh sudah menerapkan sistem boarding pass sebelum keberangkatan. Adapun beberapa hal yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Kartu identitas

Setelah cetak tiket kereta api di stasiun Bekasi kamu bisa melakukan boarding pass dengan menyiapkan kartu identitas. Kamu bisa menggunakan beberapa pilihan kartu identitas seperti KTP, SIM maupun Paspor.

Bukan hanya berguna untuk boarding, kartu identitas ini akan menjadi kunci masuk ketika berada di area stasiunnya. Jadi jangan sampai lupa membawa kartu identitas sebelum berangkat ke stasiun.

  • Bawa fotokopi kartu keluarga

Bagi kamu yang bepergian membawa anak-anak jangan lupa untuk membawa fotokopi dari kartu keluarga. Kartu ini berguna sebagai bukti identitas untuk anak di bawah umur tersebut sebelum masuk ke dalam keretanya.

  • Bawa surat keterangan

Untuk yang satu ini bisa kamu gunakan ketika kartu identitas atau kartu keluarga hilang. Kamu bisa membawa surat keterangan hilang dari kantor kepolisian sembari menunggu proses pembuatan ulangnya.

  • Masuk ke gerbang boarding yang tertera

Langkah berikutnya adalah kamu bisa masuk ke pintu boarding sesuai nomor yang tertera. Siapkan kartu identitas untuk mempermudah proses pengecekannya.

  • Pemeriksaan

Kemudian petugas akan memeriksa satu persatu penumpang dengan menanyakan tiket dan juga kartu identitasnya.

  • Masuk peron

Setelah proses pengecekan selesai kamu akan masuk ke peron untuk menunggu keretanya datang.

  • Menunggu kereta

Duduklah dengan tenang sembari menikmati fasilitas yang tersedia dalam peron tersebut. Terdapat pengeras suara yang bisa digunakan untuk tanda kedatangan keretanya.

BACA JUGA  Cara Pesan Tiket Kereta Api Lebih dari 4 Orang

Itulah beberapa cetak tiket kereta api di stasiun Bekasi dan boarding pass yang perlu kamu tahu.

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend