3 Cara Memesan Tiket Kereta Api

Apakah Anda sudah pernah memesan tiket kereta api ? jika belum pernah maka Anda tidak perlu khawatir karena berikut ini akan diulas secara singkat mengenai cara memesan tiket kereta api  secara online.

Cara Melakukan Pemesanan Tiket Kereta Api    

cara pesan tiket kereta api

Pada dasarnya cukup banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa dengan mudah memesan tiket kereta api, baik itu di channel eksternal, loket stasiun, KAI Acces maupun di tiketing online PT KAI. Pihak PT KAI memang sengaja memudahkan pemesanan tiket kereta api, baik itu dengan menggunakan hp ataupun laptop yang ada koneksi internetnya.

Namun, jika Anda tidak memiliki laptop ataupun hp yang bisa terkoneksi dengan jaringan internet, maka Anda bisa memesan tiketnya melalui mini market. Selain itu, Anda juga bisa memesan tiket melalui kantor pos yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa cara memesan tiket kereta api dengan mudah, yaitu :

  • Pemesanan Tiket Kereta Di Loket Stasiun

Cara memesan tiket kereta api di loket stasiun cukuplah mudah yakni dengan form pemesanan yang berwarna biru. Setelahnya Anda hanya perlu mengisi nama dan nomor KTP. Batas maksimal nama yang bisa tertera di dalam form tersebut adalah 4 orang. Nama yang ditulis dan nomor  identitas tersebut haruslah sesuai dengan yang aslinya.

Hal ini berguna agar Anda tidak mengalami permasalahan terkait pemeriksaan pada saat boarding di stasiun keberangkatan. Nah, untuk penumpang yang belum mempunyai KTP maka mereka bisa menggunakan kartu pelajar.

BACA JUGA  3 Cara Print Tiket Kereta Yang Gampang

Namun, jika belum memiliki kartu pelajar juga maka mereka bisa menggunakan fotocopy KK. Sementara untuk penumpang yang berusia di bawah 10 tahun maka bisa menuliskan umur dan juga tanggal lahir saja. Selanjutnya, Anda bisa mengisi nama kereta api dan mengisi keberangkatan dari statiun yang mana dan dengan tujuan statiun mana. Kemudian Anda hanya perlu mengisi tanggal keberangkatan dan jika Anda mengatahui tanggal baliknya maka Anda bisa mengisi PPnya.

  • Pemesan Tiket Kereta Di Mini Market, Pegadaian Dan Kantor Pos

Bagi Anda yang hendak memesan tiket kerata api melalui mini market, pegadaian dan juga kantor pos maka Anda bisa secara langsung membeli tiket kerata api dengan tujuan yang sudah Anda tentukan dan juga kelasnya akan digunakan. Selanjutnya Anda bisa memilih daftar kereta api dan harga yang ditawarkan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memilih sendiri tempat duduk yang sesuai dengan  keinginan. Jangan lupa menyiapkan data diri karena nantinya Anda bisa menulis identitas yang sesuai dengan yang aslinya.

Apabila Anda sudah menyelesaikan semua kententuan yang diberikan maka Anda akan diberi struk pembayaran yang berisikan kode booking atau pemesanan. Nah, kode booking inilah yang nantinya akan Anda tukarkan di loket stasiun dan akan digantikan dengan tiket kereta api.

  • Pemesanan Tiket Kereta Api Secara Online

Untuk melakukan pemesanan tiket kereta api memang tidak hanya bisa dilakukan secara manual saja, namun juga bisa dilakukan secara online melalui website resmi PT KAI. Di website ini Anda bisa menentukan pilihan tanggal keberangkatan, statiun tujuan, stasiun asal serta jumlah penumpangnya. Nantinya di website ini kan muncul kereta api apa saja yang melayani rute yang sudah Anda pilih tersebut.

BACA JUGA  Booking Tiket Kereta Api Malang Jogja Sesuai Rutenya

Selain itu, Anda juga bisa mengecek harga dan stok tiket yang masih tersedia. Setelahnya Anda bisa menekan booking dan mengikuti langkah-langkah yang sudah tersedia hingga bisa memperoleh kode booking.

Jika mengenai pembayaran booking atau pesan tiket secara online ini bisa Anda lukan melalui ATM. Apabila Anda sudha membayar tiket kereta apinya maka Anda bisa mencetaknya di stasiun ataupun melalui alat cetak tiket kereta api mandiri.

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend