6 Hal Wajib Tentang Tiket Kereta Api Online

Tiket kereta api online sampai sekarang kereta api masih berada di pikiran masyarakat sebagai sebuah solusi untuk perjalanan jauh karena sekarang kian sulit untuk mendapatkan tiket secara langsung sehingga membuat kebanyakan masyarakat beralih ke online.

Dengan menggunakan media online untuk memesan dan membeli tiket kereta api akan memberikan kemudahan dari kedua belah pihak, baik pihak kereta api atau pihak pembeli.

Memaksimalkan pemesanan tiket kereta api online

tiket kereta api online

Akan lebih efektif untuk masyarakat yang melakukan pemesanan tiket kereta api secara online mengetahui beberapa hal – hal berikut

Hal pertama adalah mengetahui kapan dibukanya penjualan tiket kereta api, biasanya tiket kereta api mulai dijual di media online tiga bulan sebelum pemberangkatan, sehingga dapat memberikan ketenangan terhadap masyarakat yang akan pulang kampung. Karena tak jarang masyarakat kehabisan tiket kereta api dan tak jadi pulang kampung untuk merayakan liburan atau lebaran bersama.

Setelah mengetahui kapan waktu penjualan tiket dibuka langkah selanjutnya adalah melakukan pemesanan, yang pastinya melalui via online. Karena biasanya waktu diluncurkanya tiket kereta api itu mulai jam 00.00 WIB sekaligus sebagai puncak dari pembelian tiket secara online. Pada saat itu terjadi ratusan, bahkan ribuan masyarakat langsung berburu dan berebutan tiket melalui media online.

Namun solusi untuk masalah itu adalah menunggu kurun waktu tiga jam, karena di pihak kereta api biasanya memberikan tenggang waktu 3 jam untuk menyelesaikan pembayaran. Namun terkadang masih banyak yang gagal yang menyelesaikanya. Sehingga hal tersebut menjadi sebuah kesempatan tersendiri.

setelah kedua hal tersebut langkah selanjutnya adalah menentukan metode pembayaran yang akan digunakan. Dalam pembelian tiket kereta api secara online terdapat beberapa metode yang berbeda – beda namun yang pasti memiliki kelebihan masing – masing.

Selain melakukan pembayaran secara transfer masyaraat dapat melakukan pembayaran melalui debit, ATM, mobile banking, e-bankig, kartu kredit, merchant, ada lagi yaitu melalui fitur dompet online.

Pada saat melakukan pemesanan ada hal yang perlu untuk dipastikan, yaitu memastikan koneksi internet yang digunakan dalam keadaan stabil, sehingga dalam pemesanan dapat dilakukan dengan tetap lancar dan dengan cepat.apalagi pada saat melakukan pemesanan pasti beradu cepat dengan calon pembeli yang lain sehingga koneksi internet yang stabil itu sangat diperlukan.

Lalu langkah terakhir adalah mencari solusi atau mencari situs cadangan apabila situs yang dituju susah untuk mendapatkan tiket. Dengan memiliki situs tujuan pengganti akan membuat pikiran lebih nyaman dan lebih tenang apabila kendala tersebut dialami, selain itu tiket juga lebih cepat didapatkan dari pada tidak memiliki situs cadangan.

Manfaat memesan tiket kereta secara online

Sudah jelas bahwa dengan memanfaatkan media online sebagai sarana untuk mendapatkan tiket adalah hal yang perlu untuk dipelajari sehingga dapat mempermudah perjalanan selain itu ada banyak manfaat yang bisa dimiliki seperti, mempermudah transaksi, mempercepat proses pembayaran dan pemesanan, menghemat biaya, mempersingkat waktu dan masih banyak lagi

Sehingga dari waktu ke waktu membuat media online semakin populer baik di kalangan muda maupun kalangan dewasa. Karena semua kemudahan bisa didapatkan dengan menggunakan media online salah satunya adalah menggunakan media online sebagai media untuk transaksi atau pemesanan tiket kereta api yang sudah dijelaskan di atas bahwa banyak sekali keuntungannya.

Namun jangan sampai lupa mengenai 5 hal tadi sehingga pembelian tiket kereta online dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan memberikan kemudahan yang banyak.

Memesan tiket kereta api online di alfamart

Memesan tiket kereta api secara online di alfamart sekarang menjadi lebih mudah dan tidak seribet beberapa tahun lalu dimana pesan tiket kereta hanya bisa dilakukan melalui datang ke stasiun, agen penjualan tiket kereta api, dan aplikasi tiket kereta api online.

Selain itu, pembelian tiekt kereta melalui alfamart akan membantu para pembeli yang gagap akan teknologi tapi ingin mendapatkan tiket dengan cepat tanpa harus datang ke lokasi stasiun.

Bagaimana sih caranya memesan tiket kereta api online alfamart di tiketkeretaapi.com?

  1. Langkah pertama adalah pastikan datang ke alfamart yang besar (bukan alfamart yang keci) karena akan mengurangi risiko gagalnya pembelian karena biasanya sistem menejemennya bagus untuk pengoperasian booking tiket kereta api ini.
  2. Langkah kedua, jangan lupa bawa KTP dan uang secukupnya untuk bayar tiket.
  3. Pastikan kereta api dan rute perjalanaannya  sesuai dengan yang dituju agar sampai dengan tujuan.
  4. Jika rute yang dipilih sudah habis maka bisa cari alternatif lain.
  5. Saat proses pembayaran sudah selesai, jangan lupa menyimpan bukti struk pembayaran guna mencetak tiket di stasiun

Saat ini tiketkeretaapi.com hanya menyediakan proses pembayaran tiket kereta api via BCA dimana proses pembayarannya sangat mudah dan cepat.

Cara memesan tiket kereta api tambahan secara online

Kereta api tambahan biasanya dibuka dan dapat dibeli secara online atau langsung saat ada hari raya besar seperti hari raya Idul Fitri dan Natal karena pada saat itu banyak masyarakat perantau yang pulang mudik ke kampung halaman. Selain itu, adanya libur panjang yang dimanfaatkan untuk menikmati berkumpul bersama keluarga.

Oleh karena itu, kereta api tambahan ini biasanya lebih mahal dan jadwalnya tidak menentu dibandingkan kereta api regular dikarenakan kereta yang digunakan tidak sesuai dengan aslinya, misalnya kereta api tambahan kutojaya utara tambahan maka kereta yang digunakan adalah kereta api mataram, kereta api kertajaya atau kereta yang lain.

Cara memesan tiket kereta api tambahan biasanya online saja meski bisa dibeli secara langsung di stasiun tetapi hanya sedikit saja yang datang langsung karena biasanya sudah diborong habis saat pertama kali dibuka secara online. Sobat bisa pesan tiket kereta di waktu h-30 atau h-60 sbelum keberangkatan.

Tips cara memesan tiket kereta api tambahan online di tiketkeretaaapi.com agar tidak  kehabisan :

  1. Catat tanggal h-30 atau h-60 sebelum kereta keberangkatan karena biasanya dibuka 1 bulan atau 2 bulan sebelum hari raya.
  2. Tentukan budget sesuai kereta yang akan dipilih tapi biasanaya yang paling murah cepat habis.
  3. Siapkan kopi agar tidak ngantuk, tiket kereta api dibuka tepat pukul 00.01
  4. Pembayaran sebaiknya dilakukan secara online karena jika lewat ATM, rata-rata sudah pada tutup
  5. Siapkan budget sesuai tarif kereta dan kalau bia melebihi tarif untuk jaga-jaga misalnya memperoleh tiket kereta yang lebih mahal
  6. Siapkan dua hape dan juga laptop kalo ada agar punya banyak pilihan dan juga batre sudah terisi penuh
  7. Paket data internet juga wajib yang kenceng dan kuota masih banyak.
  8. Jika selama 5 jam dari jam 00.01-03.00 belum dapat tiket keretanya bisa cek lagi pukul 05.00 ke atas karena banyak yang booking tiket kereta tapi tidak dibayar sehingga banyak yang hangus.
  9. Sekitar habis subuh sampai siang biasanya ada tiket kereta yang masih available untuk dipesan.

Aplikasi tiket kereta api online Tiketkeretaapi.com

Aplikasi tiket kereta api online tiketkeretaapi.com memiliki interface yang cukup simpel dan mudah untuk booking, bisa download di Playstore

Untuk cara download dan penggunaanya bisa diikuti dengan cara sebagai berikut :

  1. Download di sini
  2. Setelah terinstall langsung pilih jadwal kereta yang diinginkan
  3. Masukkan data pemesan dan data penumpang
  4. Setelah cek out berhasil, pembayaraan langsung bisa dilakukan sesuai harga yang tertera di tiketkeretaapi.com

Tiket kereta api online murah

Tiket kereta api online yang murah biasanya jarang sekali dilakukan karena pihak KAI sendiri juga jarang melakukan promo tiket kereta api dan biasanya dibuka pas hari-hari raya besar.

Akan tetapi, penjual tiket kereta pihak ketiga sering melakukan promo, seperti yang dilakukan oleh tiketkeretaapi.com dimana akan selalu ada voucher senilai ratusan ribu rupiah bagi pengguna yang booking di tiketkeretaapi.com, promo selengkapnya bisa cek di halaman promo tiket kereta api.

Comments

0 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend