Refund Tiket Kereta 100 persen, Kok Bisa ?

PT KAI telah melakukan evaluasi terkait perjalanan mudik 2020 akibat dampak kasus virus corona sampai 29 mei 2020. KAI memberlakukan kebijakan refund atau pengembalian bea pemesanan 100 persen dan pembatalann ini berlaku untuk calon penumpang kereta KAI dengan keberangkatan mulai tanggal 23 maret 2020 hingga 29 maret 2020. Selain itu, kebijakan pengembalian bea 100 persen juga diterapkan untuk penumpang yang kedapatan suhu badan diatas 38 derajat celcius dan penumpang tersebut wajib membatalkan perjalanannya.

Yuskal Setiawan, selaku VP Public Relations mengatakan bahwa pihaknya memastikan keselamatan penumpang akan menjadi prioritas utama. dan menghimbau masyarakat agar lebih berhati-hari dan pandai memilih momen yang tepat mengingat adanya pandemi virus corona.Ia pun mendorong masyarkat untuk mendukung selalu mendukung kebijakan pemerintah yaitu untuk belajar, bekerja di rumah (WFH) termasuk juga ibadah dan boleh bepergian jika keadaan darurat atau terpaksa.

Pengembalian bea pemesanan kereta yang telah diberlakukan PT KAI pun menyebabkan penurunan penumpang sebesar 40 persen dan kemungkinan jumlah penburunan akan meningkat pada saat mudik lebaran yaitu pertengahan Mei 2020 sedangkan penurunan penumpang krl sbesar 46 %.

Kebijakan ini berlaku untuk penumpang perseorangan maupun rombongan dimana proses pengembaliannya sangat mudah hanya dengan pembelian tiket serta identitas diri jika pembelian tiket dilakukan di stasiun. Sedangkan, transaksi pembelian yang dilakukan melalui aplikasi KAI bisa dlakukan secara online melalui aplikasi tanpa harus ke stasiun.

Jika pembatalan tiket dilakukan dengan oleh rombongan dalam jumlah banyak maka ada beberapa syarat yang harus dilakukan :

  1. Melampirkan surat permohonan pembatalan tiket beserta nomo rekening pemohon untuk pengembalian uang di muka
  2. Melampirkan acara berita kesepakatan antara KAI dan pemohon angkutan rombongan yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.
  3. Calon penumpang rombongan yang sudah membeli tiket tapi belum dicetak akan diberi kesempatan dalam rentang waktu 90 hari untuk reschedule selama persediaan kursi masih kosong.
BACA JUGA  3 Cara Print Tiket Kereta Yang Gampang

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend