Kereta Api Bima, Kereta Eksekutif Tujuan Jakarta-Malang

Salah satu kereta yang cukup ternama dan banyak memiliki penumpang ialah Kereta Api Bima dan pastinya banyak dari kita yang sudah pernah menaiki kereta api tersebut. kereta ini merupakan salah satu kereta eksekutif yang sebetulnya sudah ada cukup lama. Namun, pastinya banyak orang termasuk anda, yang ingin mengenal lebih banyak mengenai kereta api tersebut, terlebih jika anda berencana untuk membeli tiket kereta api ini untuk menuju kota tujuan anda. Beberapa info mengenai kereta api ini akan di bahas secara singkat dan jelas di bawah ini dan mudah-mudahan info tersebut cukup bermanfaat untuk anda dan dapat menjawab beragam pertanyaan mengenai kereta api tersebut.

Tentang Kereta Api Bima

KA BIMA

Hal pertama yang perlu kita ketahui ialah mengenai kereta Bima tersebut. Kereta ini merupakan kereta eksekutif yang beroperasi di bawah PT KAI. Kereta ini beroperasi di pulau Jawa dan memiliki jurusan Jakarta-Malang dan juga sebaliknya. Kereta ini menggunakan jalur di kawasan selatan area Pulau Jawa. Kereta ini merupakan kereta kelas satwa namun merupakan kereta eksekutif. Kereta ini sebenarnya sudah sangat lama beroperasi dan pertama kali diluncurkan pada tahun 1967.

Kereta ini menggunakan nama ‘Bima’ yang memiliki kepanjangan dari “Biru Malam” dan nama ini dipilih karena pada awalnya kereta ini memiliki warna biru serta beroperasi pada saat malam hari. Selain itu, ‘Bima’ sendiri adalah nama seorang tokoh wayang Mahabharata, yang memiliki karakter kuat, kekar, kokoh, pemberani, dan bertubuh besar dan tinggi. Jadi, nama tersebut digunakan untuk menggambarkan karakter kereta Bima ini.

BACA JUGA  Tiket Kereta Api dan 3 Perbedaan Kelas Transportasinya

Pada awalnya kereta ini merupakan sebuah kereta tidur dengan rute perjalanan yang cukup jauh. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kereta ini pun berubah. Saat ini, kereta api ini menggunakan lokomotif CC 206 yang juga merupakan lokomotif untuk kereta api eksekutif lainnya.

Rangkaian dan Kelas di Kereta Api Bima

Pada awalnya, seperti yang disebutkan di atas, Kereta Api Bima yang merupakan kereta tidur eksekutif memiliki dua kelas, yakni kelas SAGW (sub kelas-1) dan SBGW (sub kelas-2). Tentu saja kelas tersebut memiliki gerbong yang berbeda. Gerbong untuk sub kelas SAGW ini memiliki jendela yang cukup besar dan juga kompartemen luas serta lorong yang berlekuk. Tiket untuk sub kelas ini tentu saja lebih mahal dengan fasilitas yang lebih lengkap juga. Untuk gerbong sub kelas SBGW, memiliki jendela yang jauh lebih pendek.

Namun, saat tahun ’97, kereta ini mulai menggunakan kereta yang sekelas Argo dan bukan lagi menjadi kereta tidur. Kereta tersebut dapat mengangkut sekitar 300 hingga 400 penumpang. Hingga saat ini, kereta ini memiliki satu kelas saja, yaitu kelas eksekutif.

Rute Kereta Api Bima Malang-Gambir

Kereta Bima ini berjalan dari stasiun Gambir, Jakarta dengan tujuan stasiun Malang, Malang dan juga sebaliknya. Kereta ini memiliki waktu tempuh sekitar 13 jam perjalanan. Kereta ini berhenti di beberapa stasiun, seperti stasiun Jatinegara, Purwokerto, Cirebon, Yogyakarta, Karanganyar, Solo Balapan, Jombang, Madiun, Disoarjo, Surabaya, dan lainnya. Biasanya ada banyak penumpang yang menggunakan kereta api ini dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Bali, Banyuwangi, Jember, Probolinggo, dan sebagainya.

Beberapa info mengenai kereta api jurusan Jakarta – Malam ini sudah disampaikan dengan jelas dan singkat di atas. Mudah-mudahan info tersebut dapat bermanfaat bagi anda dan dapat menjawab rasa ingin tahu anda tentang kereta api ini. Info tersebut juga dapat menjadi gambaran mengenai Kereta Api Bima tersebut.

BACA JUGA  Tips Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Promo

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend