Tiket Kereta Api dan 3 Perbedaan Kelas Transportasinya

Ketika membeli tiket kereta api, apa yang pertama kali Anda pertimbangkan? Apa itu harga tiket, jadwal keberangkatan atau justru kelas KA? Sama seperti tiket bioskop atau tiket pertunjukkan, harga tiket KA juga ditentukan berdasarkan pada kelasnya. Jika format kelas yang dipilih menawarkan fitur terlengkap maka harga tiket KA lebih mahal.

Perbedaan sub kelas  kereta api

Kereta Api difasilitasi dengan kelas dan sub kelas yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Bicara tentang sub kelas Kereta Api, simak perbedaan utamanya di bawah ini:

  1. Sub Kelas KA Eksekutif

Sub kelas KA eksekutif terbagi ke dalam 5 tipe. Menariknya meski sama-sama sub kelas Eksekutif, harga tiket yang dipatok berbeda. Misalnya tiket sub kelas A yang sengaja dijual lebih mahal daripada sub kelas J.

  1. Sub Kelas KA Bisnis

Harga tiket kereta api online sub kelas bisnis juga dibedakan berdasarkan pada tipe sub kelasnya. Contohnya sub kelas Y yang dikenal sebagai tiket harga promo. Atau sub kelas B yang harga tiketnya dijual lebih mahal daripada sub kelas O. Peraturan seperti ini harus Anda ketahui sejak awal sebelum membeli tiket sub kelas.

  1. Sub Kelas KA Ekonomi

Khusus untuk sub kelas KA ekonomi, Anda akan bertemu dengan 5 tipe kelas berbeda termasuk C, P, Q, S dan Z. Sub kelas paling awal, sub kelas C dihargai lebih mahal tiket KA-nya. Sementara sub kelas Z masuk ke hitungan harga promo.

Itulah perbedaan masing-masing sub kelas KA. Dari tipe sub kelasnya saja sudah menggunakan huruf alfabet yang berbeda. Anda harus mengingatnya jika lebih suka naik KA menggunakan tiket sub kelas.

Perbedaan kelas kereta api

Pesan tiket KA tidak bisa sembarang pilih jadwal dan lunasi pembayaran. Sebelum membeli tiket, kenali terlebih dahulu macam-macam perbedaan kelas kereta api. Beda kelas berbeda pula fitur, harga dan fasilitas yang Anda dapatkan. Agar lebih jelas, simak seluruh perbedaannya berikut.

  1. Kelas Eksekutif

Mereka yang sering bepergian menggunakan transportasi umum, mungkin pernah mendengar istilah kelas eksekutif. Tidak jarang pula membeli tiket kelas eksekutif untuk perjalanan luar kota karena menawarkan kenyamanan lebih banyak daripada kelas KA lainnya.

Apa yang membuat kelas KA eksekutif sangat istimewa?

  • Fasilitas yang Ditawarkan

Fasilitas yang tersedia di KA eksekutif sangat lengkap. Yang paling menonjol adalah keberadaan pendingin udara. Jika Anda lebih nyaman tidur di udara sejuk, kelas eksekutif bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Selain difasilitasi dengan AC, kelas KA eksekutif juga menyediakan stop kontak. Temukan promo tiket kereta api online agar total belanja tiket lebih murah.

Anda bisa memanfaatkan colokan tersebut untuk  mengisi daya ponsel, tablet atau laptop. Penumpang kelas eksekutif juga menerima fasilitas selimut dan bantal. Anda tidak perlu membawa bantal leher atau selimut dari rumah. Gunakan selimut juga bantal yang telah tersedia guna menemani istirahat di malam hari.

  • Durasi Perjalanan

Ingin tiba lebih cepat ke tempat tujuan menggunakan KA? Pilih kelas eksekutif. Berbanding terbalik dengan kelas lainnya, kelas ini memungkinkan Anda untuk menikmati perjalanan tanpa berhenti di tiap stasiun. Meskipun durasi perjalanannya tetap sama.

Pemangkasan waktu perjalanan ini sangat membantu jika Anda butuh tiba lebih cepat di kota tujuan. Sehingga bisa melaksanakan perjalanan wisata lebih lama dari sebelumnya.

  • Harga tiket kereta api

Perbedaan utama yang paling mencolok dari tiket KA eksekutif ada pada harganya. harga tiket kelas ini jauh lebih mahal daripada kelas lainnya. Alasan utama karena fasilitas yang diberikan jauh lebih lengkap dan modern daripada kelas lainnya. Kelas eksekutif memberikan kenyamanan 2x lebih banyak daripada kelas ekonomi maupun bisnis.

  • Formasi Tempat Duduk

Lantas, bagaimana dengan formasi tempat duduk kelas eksekutif? Sebagai kelas ternyaman dan eksklusif. Kelas eksekutif dilengkapi dengan formasi duduk 2-2 di sayap kiri dan kanannya. Anda tidak harus duduk berhadapan dengan penumpang lainnya.

Selain menawarkan sudut kemiringan sandarannya yang bisa disesuaikan dengan selera. Kursi KA kelas eksekutif juga sangat empuk dengan pijakan kaki depan yang akan membuat Anda merasa nyaman dan tidak kelelahan. Cocok jika postur tubuh Anda tinggi, niscaya kaki tidak akan pegal setelah melakukan perjalanan lama di dalam KA.

  1. Kelas Bisnis

Jika KA eksekutif ditujukan untuk penumpang level atas. Maka kelas bisnis sangat cocok untuk kelas menengah ke bawah. Fasilitas yang diberikan sedikit lebih rendah daripada KA eksekutif. Dan berikut sejumlah perbedaannya.

  • Formasi Tempat Duduk

Sama seperti kelas eksekutif, kelas KA juga difasilitasi dengan formasi tempat duduk 2-2. Sehingga Anda tidak perlu menahan rasa pegal pada kaki akibat tertekuk berjam-jam lamanya. Kekurangannya terdapat pada sandaran kursi yang tegak lurus tidak dapat diatur posisinya sesuka hati. Meski demikian, tempat duduk KA bisnis masih lebih lega daripada kelas ekonomi.

  • Durasi Perjalanan

Waktu tempuh perjalanan menggunakan KA bisnis tidak bisa dibandingkan dari KA eksekutif. Perjalanan yang dibutuhkan relatif lebih lama dari KA eksekutif. Jika Anda tidak masalah dengan ketentuan tersebut, silakan beli tiket kereta online di situs populer.

  • Fasilitas KA

Bila dibandingkan dengan kelas KA eksekutif, kelas bisnis tidak menawarkan fasilitas bantal dan selimut gratis. Jika Anda tidak tahan dengan udara dingin dari AC, pastikan bawa jaket yang tebal atau selimut tipis dari rumah. Bawa pula minyak angin untuk menjaga badan tetap hangat. ­­­

  • Harga Tiket

Harga tiket KA bisnis jauh lebih terjangkau daripada tiket KA eksekutif karena segmen konsumennya adalah masyarakat kelas menengah.

  1. Kelas Ekonomi

Merupakan kelas paling biasa dari seluruh tipe kelas kereta api. Dan ditujukan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Temukan perbedaan KA kelas ekonomi di bawah ini:

  • Harga

Sedang mencari tiket kereta api harga termurah? Pilih tiket ekonomi sebagai pilihan pertama. Dari seluruh tipe kelas KA, kelas ekonomi yang paling terjangkau harga tiketnya.

  • Durasi Perjalanan

Karena harga tiketnya lebih murah, durasi perjalanan menggunakan KA ekonomi jauh lebih lama. Mengapa? kereta api akan berhenti di seluruh stasiun KA tanpa terkecuali. KA ekonomi juga wajib memenuhi peraturan untuk tidak mendahului KA eksekutif ketika saling berpapasan jalan.

  • Formasi Tempat Duduk

Kekurangan utama dari KA ekonomi terletak pada formasi seat yang kurang eksklusif. Anda akan menemukan format tempat duduk 3-3 dan 2-3 saling berhadap-hadapan. Sandaran kursi KA ekonomi dibuat statis dan kaku, Anda harus bertahan duduk lurus berjam-jam lamanya.

  • Fasilitas

Harganya yang murah membantu mengurangi pengurangan, namun Anda harus puas dengan fasilitas minim yang diberikan. Untuk menggunakan selimut dan bantal, Anda harus memesannya terlebih dahulu. Sementara colokan listrik digunakan bergantian dengan penumpang lainnya.

Belanja tiket kereta api

Di atas telah disebutkan perbedaan dari masing-masing sub kelas dan kelas KA. Sudah memutuskan untuk membeli tiket KA apa? jika jawabannya sudah, lakukan pembelian tiket KA hanya di situs atau aplikasi penjualan terpercaya.

Salah satu situs yang menawarkan tempat beli tiket kereta yang terpercaya adalah tiketkeretaapi.com. Situs ini juga menawarkan promo-promo menarik yang bisa dimanfaatkan untuk dapat keuntungan travelling.

Belanja tiket secara online jauh lebih praktis dan cepat daripada beli melalui telepon atau mengunjungi loket stasiun. Terutama jika Anda sering disibukkan dengan pekerjaan. Harga tiket yang ditawarkan juga sama dengan harga tiket kereta api offline.

Comments

0 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend