Cetak Tiket Kereta Api Paling Lambat Sebaiknya Kapan?

Stasiun untuk kereta api jarak jauh saat ini sudah bisa menggunakan e-tiket alias tiket online yang bisa dicetak. Tapi tentunya ada ketentuan cetak tiket kereta api paling lambat kapan saat akan boarding pass.

Jadi, daripada terlambat cetak e-tiket yang sudah dipesan jauh-jauh hari. Kamu perlu tahu setiap batasan waktu untuk cetak tiketnya seperti di bawah ini.

Ketentuan cetak tiket kereta api paling lambat kapan?

Sebelumnya kamu bisa pesan tiket kereta api online di https://www.tiketkeretaapi.com. Situs ini menyediakan cara booking tiket dengan cepat, aman dan bebas pilih tempat duduk. Nanti tiket akan dikirimkan di email.

Lalu perlu kamu tahu bahwa ada waktu minimal dan juga maksimal untuk bisa menukarkan kode booking dengan tiket cetak. Untuk tiket keberangkatan ini bisa kamu cetak minimal seminggu sebelum jadwal keberangkatan keretanya.

Sementara jika kamu lupa bisa juga mencetak tepat pada hari keberangkatan keretanya. Namun jangan lupa karena paling lambat hanya ada waktu 10 menit dari jadwal keberangkatannya.

Jadi kamu harus benar-benar bisa menggunakan waktu untuk cetak tiket ini karena jika melebihi waktu tersebut tiket akan hangus. Selain waktu untuk kapan cetak tiket kereta api paling lambat kamu bisa memilih memasukkan digit kode atau langsung scan.

Baik menggunakan scan maupun memasukkan secara manual hasilnya sama saja namun lebih cepat dan praktis menggunakan scan barcode. Perlu kamu tahu juga bahwa cetak tiket ini bisa dilakukan di stasiun mana saja.

BACA JUGA  Refund Tiket Kereta 100 persen, Kok Bisa ?

Syarat dan ketentuan check-in tiket kereta api

Untuk bisa menggunakan check-in di kereta api kamu harus melengkapi beberapa syarat seperti di bawah ini:

  • Tunjukkan bukti booking tiket, struk putih maupun notifikasi email untuk melakukan boarding pass. Kamu bisa membawa bukti dalam bentuk apa saja sesuai tempat pembelian tiketnya
  • Perhatikan waktu check-in atau pencetakan tiket. Jangan sampai melebihi waktu yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya.
  • Untuk keperluan check-in tiket pada waktu 24 jam sebelum keberangkatan maka proses boarding pass terjadi di stasiun keberangkatan.

Syarat dan langkah cetak tiket kereta api

Setelah mengetahui syarat dan juga waktu cetak tiket kereta api paling lambat kamu bisa lanjut untuk memahami setiap langkah boarding pass kereta api seperti di bawah ini:

  • Perhatikan fasilitas

Untuk melakukan boarding pass ini yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah mengenai fasilitas yang ada pada stasiunnya. Jika stasiun jarak jauh tersebut memiliki mesin check-in maka proses boarding pass bisa dilakukan.

Mesin inilah yang berguna untuk melakukan check-in dan proses percetakan tiket secara mandiri.

  • Cetak pada hari keberangkatan kereta api

Banyak orang yang memilih untuk melakukan cetak tiket pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatannya. Namun kamu perlu tahu bahwa hal ini bisa dilakukan pada stasiun keberangkatan dengan waktu yang telah ditentukan.

Namun selain itu kamu juga bisa melakukan cetak tiket pada stasiun lain yang masih memiliki relasi dengan stasiun tujuan.

  • Masukkan kode booking

Pilih masukkan atau scan kode booking yang dimiliki kemudian mesin akan memproses untuk mencetak nama penumpang, ID, jadwal keberangkatan dan juga nama kereta apinya.

Untuk kamu yang merasa kurang bisa membaca angka dalam ukuran kecil pada kode booking-nya lebih baik langsung lakukan scanning barcode. Dengan begitu otomatis semua datanya akan langsung masuk pada mesinnya.

  • Scanning bukti pembelian

Jangan lupa juga untuk melakukan scanning pada bukti pembelian sebagai pelengkap syarat agar boading passnya bisa tercetak. Tunggu beberapa saat maka boarding sesuai kode booking akan tercetak dengan sempurna.

BACA JUGA  Persiapan Setelah Mendapatkan Tiket Kereta Api KAI di Era New Normal

Bukti pembelian ini menjadi salah satu syarat terakhir yang berguna untuk menunjukkan bahwa tiket tersebut sudah lunas pembayarannya. Sehingga kamu berhak mendapatkan boarding pass. Itulah beberapa langkah mengenai cetak tiket kereta api paling lambat.

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

Send this to a friend