Cara Cek Harga Tiket Kereta Api Offline dan Online

Melakukan pengecekan harga tiket kereta api sebelum membeli dan menyelesaikan orderan merupakan hal wajar. Dari melihat penawaran harganya, Anda bisa menyesuaikan budget transportasi. Apalagi jika tujuan menggunakan kereta api untuk solo traveling atau liburan keluarga. Bukan perjalanan dinas yang biaya tiketnya ditanggung oleh kantor.

Cara cek tiket kereta api offline

harga tiket kereta api

Di Indonesia, ada sejumlah cara pengecekan harga tiket Kereta Api yang bisa Anda coba. Jika Anda memiliki waktu luang dan pulsa. Kedua  cara cek harga tiket KA berikut bisa Anda terapkan:

  1. Cek Via Telepon

Sejak aplikasi sosial media populer, masyarakat lebih senang mengirimkan pesan atau telepon via aplikasi. Karena tidak memakan pulsa melainkan menggunakan kuota internet atau wifi.

Tapi dahulu, masyarakat hanya menggunakan SMS atau telepon langsung baik dari ponsel maupun telepon rumah. Khusus untuk mengecek harga tiket KA, Anda bisa menghubungi nomor interaktif 121 melalui sambungan telepon biasa. Sampaikan keinginan Anda untuk cek harga tiket KA dengan kota asal dan tujuan juga waktu keberangkatan.

Operator akan membantu melakukan pengecekan secara real time dan menyampaikannya pada Anda. Satu kali pembelian tiket KA via telepon diizinkan memborong tiket sebanyak 4 buah dengan reservasi biaya Rp 7.500 dan berlaku kelipatannya.

Simpan kode pesanan tiket KA Anda untuk dibayarkan via mobile banking maupun ATM. Setelah tiket di bayarkan sesuai harga tiket kereta api yang ditetapkan, simpan bukti pembayaran tersebut dengan aman.

  1. Cek Via Kantor Pos

Anda yang bekerja di dekat kantor pos atau sering kali menggunakan fasilitas tersebut, bisa memanfaatkan kesempatan tersebut guna cek harga tiket KA. Proses pengecekannya jauh lebih terjangkau karena tidak membutuhkan pulsa. Simak tutorialnya berikut:

  • Kunjungi stan kantor pos

Standar kantor pos yang Anda kunjungi adalah kantor pos yang menawarkan sistem pembelian tiket KA online. Jika kantor pos bersangkutan belum difasilitasi dengan teknologi tersebut maka pembelian tiket KA harus dibatalkan.

  • Minta operator mengecek tiket KA

Mintalah bantuan operator kantor pos untuk melakukan pengecekan daftar harga tiket kereta api.

  • Bayar tagihan pesanan tiket KA

Silahkan bayar tagihan yang dimaksud supaya pemesanan tiket KA selesai dan tiket bisa Anda gunakan di waktu keberangkatan KA.

  • Minta resi/ bukti pembayaran

Selanjutnya, minta bukti pelunasan pembelian tiket KA Anda. Pada bukti pembayaran tiket tertera detail informasi termasuk kode booking tiket.

  • Tukar kode booking/ e-tiket

Di hari keberangkatan, tukarkan kode booking / e-tiket Anda di loket stasiun. Sehingga Anda menerima tiket fisik.

  1. Cek via stasiun

Cara cek dan beli tiket melalui stasiun tidak kalah mudahnya dibandingkan cek dari Kantor Pos. Anda cukup kunjungi stasiun terdekat dan sampaikan pesanan tiket KA Anda.

Agar operator bisa mengecek ketersediaan tiket yang Anda inginkan, silakan sampaikan terlebih dahulu informasi yang dibutuhkan. Seperti tanggal berangkat, stasiun awal, stasiun tujuan juga jumlah tiket yang ingin dibeli.

Petugas akan menyebutkan harga tiket, jika Anda merasa cocok dengan total harganya. Silakan selesaikan pembayaran secara offline langsung di loket tersebut. Setelah itu, simpanlah kode booking orderan tiket KA Anda untuk barter tiket fisik di hari H.

Cara cek harga tiket kereta api melalui aplikasi

Masih belum puas dengan dua cara pengecekan tiket KA yang telah disampaikan di atas. Ingin cara yang lebih cepat dan praktis? Maka Anda bisa menggunakan aplikasi belanja tiket KA daring. Bagaimana cara cek dan belanja tiketnya? Simak berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi

Karena menggunakan aplikasi, maka Anda harus mengunduh dan menyimpan aplikasinya terlebih dahulu. Untuk kelancaran pesanan, pilih aplikasi yang sudah terbukti berkomitmen dan terpercaya.

  • Pilih kota asal

Di kolom pembelian, silakan isi kota asal.

  • Tentukan kota tujuan

Jangan lupa untuk memilih kota tujuan Anda.

  • Input tanggal keberangkatan

Lanjutkan dengan menentukan tanggal keberangkatan. Sesuaikan tanggal keberangkatan dengan baik dan benar. Perhatikan pula durasi perjalanan.

  • Masukkan total tiket yang dipesan

Tips booking tiket kereta api yang sering kali luput dilakukan konsumen ketika mengisi total pemesanan. Jika Anda membutuhkan 4 tiket, maka pesan tiket sekaligus jangan satu per satu.

  • Pilih kategori penumpang

Tentukan pula kategori penumpangnya. Apakah Anda memesan tiket KA hanya untuk orang dewasa? Atau bersama anak-anak.

  • Pilih kelas KA berdasarkan jawal keberangkatan yang diinginkan

Sebelum membayar tiket KA, sudahkah Anda memilih kelas yang tepat? Di menu ini, silahkan pilih secara teliti kelas KA-nya. Tentukan pula jadwal keberangkatan Anda, untuk perjalanan dinas usahakan pergi satu hari sebelum pekerjaan dilakukan. Terlebih jika kota tujuan Anda jaraknya sangat jauh dari kota asal.

  • Lakukan konfirmasi

Konfirmasi pesanan menandakan jika pesanan tiket yang Anda lakukan sudah sesuai.

  • Lunasi pembayaran

Harga tiket kereta api yang tertera di aplikasi merupakan harga yang harus Anda lunasi di menu pembayaran.

  • Simpan kode pesanan yang dikirimkan

Dan terakhir, silakan simpan kode pesanan yang Anda terima di SMS atau email. Kode pesanan ini yang nantinya akan ditukarkan dengan tiket fisik.

Cara cek tiket KA melalui situs

Rekomendasi cek dan belanja tiket KA terakhir dengan situs. Caranya hampir sama mudah dan efisiennya dengan checking via aplikasi. Lebih jelasnya, simak informasi berikut.

  • Buka situs tempat belanja tiket KA

Silakan Anda buka situs marketplace online penjualan tiket kereta api, baik melalui smartphone maupun PC/ laptop, contohnya seperti tiketkeretaapi.com. Situs ini biasanya juga menawarkan banyak promo harga tiket kereta api menarik dengan memasukkan kode promonya.

  • Masukkan kota keberangkatan dan tujuan

Pilih apakah Anda ingin beli tiket sekali jalan saja atau sekalian tiket untuk pulang pergi (PP). Berikutnya,  isi kolom kota keberangkatan juga kota tujuan Anda. Beberapa kota memiliki stasiun lebih dari satu, maka tentukan pilihan dengan benar.

  • Isi kolom tanggal

Masukkan tanggal keberangkatan sesuai jadwal traveling atau perjalanan bisnis Anda.

  • Masukkan jumlah pembelian tiket

Setelah seluruh informasi di atas selesai diisi, lanjutkan dengan input jumlah tiketnya. Karena cara pesan tiket kereta api yang Anda lakukan via situs. Anda bisa memesan tiket sebanyak yang Anda butuhkan.

  • Tentukan pesanan berdasarkan kategori

Tidak lupa pilih kategori tiket KA yang Anda pesan . Jika semuanya adalah orang dewasa maka pilih dewasa. Namun, jika terdapat penumpang anak-anak pilih kategori anak-anak. Jika semua informasi sudah dimasukkan silahkan klik ‘search’ dan Anda akan dibawa ke halaman tiket yang masih tersedia.

  • Bayar pesanan tiket

Jika sudah memilih tiket yang diinginkan serta kelasnya. Pilih metode bayar yang disediakan situs sebelum melakukan proses pembayaran pemesanan. Cukup tentukan satu metode pembayaran yang paling nyaman dan mudah menurut Anda.

  • Unduh atau screen shoot e-tiket pemesanan

Setelah pembayaran tiket dilunasi, sistem situs akan mengirimkan e-tiket pemesanan tiket KA. Untuk kenyamanan dan keamanan Anda saat menukarkan tiket fisiknya nanti, silakan unduh atau scree shoot kode pesanan tersebut.

Itulah cara cek harga juga pesan tiket melalui situs online. Belakangan ini masyarakat lebih menyukai cara ini karena lebih praktis dan hemat. Terlebih jika situs sering mengadakan promo-promo menarik. Lantas, masihkah Anda lebih tertarik cek harga tiket kereta api secara offline?

Comments

0 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend