Informasi Terbaru: Syarat Naik Kereta Api di Tahun 2024

Kereta api menjadi salah satu opsi transportasi umum yang diminati masyarakat. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan untuk memesan tiket dengan mencantumkan informasi pribadi yang akurat.

Selain itu, pahami syarat naik kereta api pada tahun 2023 guna menjamin kenyamanan dan keamanan seluruh penumpang.

Apa Saja Syarat Naik Kereta Api yang Baru?

Dilansir dari sumber resmi KAI, mulai tanggal 12 Juni 2023, seluruh penumpang Kereta Api Jarak Jauh dan Kereta Api Lokal, dalam upaya memerangi pandemi Covid-19, pemerintah memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk tidak mengenakan masker jika mereka dalam kondisi sehat dan tidak berisiko menyebarkan atau tertular virus.

Walaupun demikian, KAI menganjurkan agar penumpang tetap melakukan vaksinasi Covid-19 hingga dosis Pada penggunaan kedua atau keempat, vaksin ini sangat penting untuk mereka yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.

Aturan ini disesuaikan dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 17 Tahun 2023 dalam menghadapi pandemi Covid-19, perjalanan kereta api telah berubah. Untuk menjaga kesehatan penumpang, kami telah menetapkan protokol yang ketat untuk perjalanan dengan kereta api selama masa transisi ini.

Berikut adalah 5 syarat naik kereta api dari KAI yang berlaku bagi penumpang Kereta Api Jarak Jauh dan Lokal mulai 12 Juni 2023:

  1. Bagi mereka yang berisiko tinggi terpapar Covid-19, disarankan untuk menerima vaksinasi penuh hingga dosis kedua booster atau dosis keempat. Ini adalah langkah penting untuk melindungi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda dari virus yang mematikan ini.
  2. Teruslah berada di garis depan perlindungan dengan menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap. Jika Anda sehat dan tidak berisiko terkena atau menularkan Covid-19, maka Anda diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker.
  3. Jika Anda sedang sakit atau berada dalam risiko tertular Covid-19, disarankan untuk tetap menggunakan masker yang menutupi wajah dengan baik sebelum dan selama perjalanan. Hal ini sangat penting untuk mencegah penyebaran virus ke orang lain.
  4. Penting untuk selalu menyimpan hand sanitizer dan/atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sepanjang waktu. Penting untuk mencuci tangan secara teratur, terutama setelah menyentuh benda-benda yang mungkin digunakan oleh banyak orang.
  5. Untuk melindungi diri dari penyebaran Covid-19, sangat penting untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan, terutama bagi mereka yang sedang sakit atau berisiko tertular. Ini adalah bagian penting dari upaya pencegahan yang harus dilakukan oleh setiap individu.
BACA JUGA  Jadwal KA Bengawan 2024: Jadwal Perjalanan, Harga Tiket, dan Info Lainnya

Kami merekomendasikan penggunaan terus-menerus dari aplikasi SATUSEHAT untuk memantau kesehatan pribadi Anda.

Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai syarat naik kereta api atau informasi lainnya, penumpang dapat menghubungi kontak resmi KAI.

Kontak tersebut mencakup:

  • Call Center: 121
  • WhatsApp: 08111-2111-121
  • Email: cs@kai.id

Temukan berita seputar kereta api 2023, rute perjalanan, harga tiket kereta api, dan informasi lainnya dengan membaca artikel ini!

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend