Pahlawan Pemalang: Aksi Luar Biasa Petugas Jalan Lintasan Menyelamatkan Seorang Wanita dari Bahaya Kereta Api

Sebuah peristiwa heroik mencuat di Kabupaten Pemalang ketika seorang Petugas Jalan Lintasan (PJL) menjadi penyelamat bagi seorang wanita yang berada di jalur kereta api.

Pria berwajah gigih ini bernama Gigih Ilham Tali Atmojo, berusia 24 tahun, berhasil menggagalkan bahaya yang mengancam nyawa wanita tersebut di perlintasan Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 148 Widodaren, Kecamatan Petarukan, Pemalang.

Menurut kesaksian Gigih, insiden tersebut terjadi pada Rabu (16/11) sekitar pukul 22.00 malam, saat ia sedang menjalani shift siang hingga malam di pos jaga Widodaren. Saat itu, Gigih sedang menurunkan palang pintu karena ada kereta api yang akan melintas.

Namun, tiba-tiba seorang wanita pengendara motor nekat menerobos palang pintu dan memarkirkan motornya di jalur rel. Wanita itu terlihat berteriak histeris sembari menuju arah datangnya kereta.

“Mbak-mbak itu turun berjalan mengarah ke arah kereta datang,” ungkap Gigih, yang dengan sigap turun dari posnya untuk menyelamatkan wanita tersebut. Ia berhasil membawa wanita dan motornya ke samping agar terhindar dari bahaya.

Gigih mengungkapkan bahwa kereta Jayabaya berjarak sekitar 200-300 meter dari lokasi kejadian, dan berkat tindakan cepatnya, nyawa wanita itu berhasil diselamatkan.

Setelah kejadian itu, Gigih mencoba berkomunikasi dengan wanita tersebut, namun hanya mendapat tanggapan berupa teriakan histeris dan tangisan. Wanita tersebut tidak memberikan penjelasan mengapa ia melakukan aksi nekat di tengah rel kereta.

Gigih tetap berupaya tenang dan berkomunikasi dengan wanita tersebut hingga akhirnya pihak keluarga datang ke pos.

Gigih, seorang pemuda dari Desa Klarereyan, Kecamatan Petarukan, Pemalang, menjalani tugasnya sebagai petugas penjaga perlintasan kereta api setiap hari.

Meskipun bekerja di bawah Dinas Perhubungan Kabupaten Pemalang, statusnya bukan ASN. Gigih sudah menjalani tugas ini sejak Januari 2020, dengan sistem shift yang beragam di lokasi pos palang pintu.

BACA JUGA  Booking Tiket Kereta Api Mudik Lebaran Tanpa Biaya 2024 dari Jasa Raharja


Video aksi heroik Gigih merekam seluruh peristiwa dan viral di media sosial, mendapatkan apresiasi dari netizen.

Kepala Dinas Perhubungan Pemalang, Mu’minun, dan Daop 4 Semarang memberikan penghargaan atas tindakan luar biasa yang dilakukan oleh Gigih, yang berhasil menyelamatkan nyawa seorang wanita dari bahaya kereta api.

Dapatkan update berita seputar Kereta Api setiap hari dari Blog Tiket Kereta Api. Anda bisa pesan tiket kereta api melalui aplikasinya terlebih dulu di ponsel.

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend