8 Rute Tiket Kereta Api Terpopuler

Table of Contents

Info menarik seputar tiket kereta api Bandung Jogja

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum naik kereta api Bandung Jogja. Alangkah baiknya jika Anda cari tahu terlebih dahulu informasi penting seputar modal transportasi tersebut.

  1. Total Perjalanan Setiap Hari

Bila dibandingkan dengan DKI Jakarta, total perjalanan kereta api dari Bandung ke Jogja mungkin masih kalah banyak. Hanya menyediakan 6 perjalanan saja. Tidak heran jika seluruh kursi keberangkatan Bandung Jogja, tiket kereta api selalu habis terjual setiap harinya.

  1. Durasi Perjalanan

Anda yang tidak betah duduk lama ketika menempuh perjalanan jauh. Bisa memilih kereta api sebagai pilihan kedua setelah pesawat. Karena waktu tempuh dari Stasiun Bandung hingga Jogja sekitar 7 jam lamanya.

  1. Kisaran Harga Tiket

Jika dibandingkan dengan tarif bus, terkadang harga tiket kereta api Bandung ke Jogja jauh lebih terjangkau. Kemungkinan besar dipengaruhi oleh waktu booking yang dilaksanakan satu bulan sebelum keberangkatan. Kisaran harga tiket KA Bandung Jogja Rp 140.000 – Rp 280.000.

Stasiun yang melayani rute perjalanan Bandung Jogja

tiket kereta api
tiket kereta api terpopuler

Saat memilih naik kereta api untuk perjalanan Bandung Jogja. Selain mencari tahu informasi jadwal dan harga tiket kereta api, cari tahu pula informasi mengenai stasiunnya. Sehingga Anda bisa pergi dengan tenang karena tidak tersesat selama perjalanan.

  • Stasiun Bandung

Karena berangkat dari Kota Bandung, otomatis stasiun yang Anda tuju adalah Stasiun Bandung. Stasiun ini di hari biasa atau akhir pekan selalu ramai oleh pengunjung. Mereka yang datang tidak hanya memilih Jogja sebagai pemberhentian akhir.

Stasiun ini memiliki akses transportasi yang sangat lengkap. Bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua bahkan angkutan kota. Anda yang sudah hafal jalanan Bandung bisa dengan mudah menemukan Stasiun Hall.

  • Stasiun Yogyakarta

Merupakan salah satu stasiun terkenal yang ada di Yogyakarta. Stasiun ini juga dikenal dengan nama Stasiun Tugu. Alasan utama Stasiun Yogyakarta selalu ramai setiap hari karena lokasinya yang berdekatan dengan tempat wisata.

Stasiun ini dijalankan sejak tahun 1887 sampai sekarang. Memiliki corak bangunan yang indah dan kental bergaya klasik Eropa. Kemegahan dan keunikan arsitektur bangunannya tampak harmoni dengan kearifan lokal Yogyakarta.

  • Stasiun Lempuyangan

Selain Stasiun Yogyakarta, ada juga Stasiun Lempuyangan. Stasiun ini tidak kalah tuanya dari Stasiun Yogyakarta, berdiri tahun 1872 silam. Menariknya, jarak tempuh Stasiun Lempuyangan ke Stasiun Yogyakarta sangat singkat, sekitar 3 Km.

Jadi jika Anda tidak berhasil beli tiket kereta api Bandung Jogja dengan tujuan akhir Stasiun Yogyakarta. Anda masih bisa memesan tiket dengan tujuan akhir Stasiun Lempuyangan. Selain melayani rute Bandung Jogja, Stasiun Lempuyangan juga menyediakan rute perjalanan ke Surabaya, Kediri, Solo dan Jakarta.

Masih ragu menggunakan kereta api untuk bepergian dari Bandung ke Jogja? Selain lebih terjangkau, modal transportasi ini juga lebih nyaman daripada bus. Setidaknya Anda bisa sampai ke Jogja dan beristirahat lebih cepat di tempat penginapan.

Untuk informasi tiket, jadwal dan harga silakan browsing di situs belanja tiket KA jurusan Bandung Jogja seperti tiketkeretaapi.com. Tersedia banyak penawaran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget perjalanan.

Agar pengalaman liburan ke Jogja lebih mengesankan. Pesan tiket kereta api Bandung Jogja satu bulan sebelumnya sehingga Anda menerima harga terbaik dari PT KAI.

Mau liburan asyik dengan memanfaatkan kereta api sebagai transportasi utama? pesan langsung tiket kereta api Bandung Jogja dan dapatkan penawaran harga terbaik!

4 Stasiun Kereta Untuk Tiket Kereta Api Jakarta Bandung

Jika Anda dari Jakarta dan ingin pergi ke Bandung, sudah pasti membutuhkan tiket kereta api Jakarta Bandung. Kota Bandung memang salah satu kota yang sering dikunjungi oleh pengunjung dari luar kota termasuk Jakarta. Terlebih lagi karena kota ini memiliki hawa yang sejuk dan suasana yang nyaman membuat banyak orang yang pergi ke kota ini.

Jarak dari Jakarta ke Bandung yang bisa Anda tempuh dengan kereta api sekitar 3 hingga 3,5 jam. Untuk harga tiket kereta api Bandung murah biasanya bisa Anda temukan di website online yang menjual tiket.

Stasiun kereta untuk tiket kereta api Jakarta Bandung

Anda perlu mengetahui stasiun kereta mana yang menjadi tempat keberangkatan serta pemberhentian tujuan Jakarta – Bandung. Terdapat 1 stasiun yang menjadi tempat keberangkatan dan 4 stasiun yang jadi tempat pemberhentian kereta dari Jakarta, yaitu:

  1. Stasiun Gambir

Jika Anda ingin pergi ke Bandung dari kota Jakarta, maka Anda bisa berangkat dari stasiun Gambir. Hal ini karena awal keberangkatan untuk pergi ke kota Bandung dari Jakarta dimulai dari stasiun ini. Stasiun Gambir yang juga dijuluki dengan stasiun Jakbir letaknya ada di pusat kota yaitu di Jalan Medan Merdeka Timur No.1 Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Untuk menuju ke sana Anda juga sangat mudah karena letaknya dekat dengan Monumen Nasional yang juga terhubung dengan jalan khusus. Stasiun Gambir juga masuk dalam pos perhentian Bus TransJakarta koridor 2

  1. Stasiun Bandung Hall

Stasiun Bandung Hall ini berada di pusat kota Bandung. Dalam kata lain stasiun ini adalah stasiun utama yang ada di Kota Bandung. Tempat dari stasiun ini berada di daerah Kebonjeruk – Andir, pas dengan perbatasan Pasirkaliki dan Kebonjeruk.

Stasiun ini dilengkapi dengan dua pintu yaitu pintu selatan yang tepat di depan stasiun Bandung dan pintu utara yang berada di Jalan Kebon Kawung no 43. Tepat di depan stasiun terdapat terminal angkutan kota, sehingga Anda tidak perlu bingung untuk mencari alat transportasi lain untuk mengantar Anda.

  1. Stasiun Kiaracondong

Selain stasiun Bandung Hall juga ada stasiun Kiaracondong yang bisa menjadi tempat pemberhentian Anda dari Jakarta. Stasiun ini bisa dibilang stasiun kedua terbesar yang ada di kota Bandung setelah stasiun Bandung Hall.

Stasiun ini melayani semua jadwal keberangkatan kereta api kelas ekonomi jarak jauh dan juga menengah. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan jadwal keberangkatan dari stasiun Bandung. Lokasi dari stasiun ini berada di jalan Babakan Sari Kiaraconding, kota Bandung.

  1. Stasiun Cimahi

Stasiun terakhir yang juga menjadi tempat berhentinya kereta api dari Jakarta adalah stasiun Cimahi. Stasiun ini melayani kereta api dari kelas eksekutif, ekonomi hingga bisnis. Tujuan dari kereta api tersebut bisa lokal hingga luar kota. Kota tujuan dari stasiun Cimahi antara lain Cirebon, Purwokerto, dan Surabaya. Lokasi dari stasiun ini berada di jalan Stasiun, Kecamatan Cimahi Tengah, Cimahi.

Harga tiket kereta Jakarta Bandung pulang pergi biasanya berbeda di setiap tempat Anda membeli tiket tersebut. Ada yang lebih murah namun juga ada yang mahal. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan budget keuangan Anda. Jika Anda tidak ingin repot untuk membeli tiket secara langsung, Anda bisa membeli tiket kereta api Jakarta Bandung melalui tiketkeretaapi.com.

Tiket Kereta Api Jakarta Malang, Perjalanan Stasiun dan Jenis Keretanya

Untuk Anda yang ingin pergi ke kota Malang dari Jakarta, maka membutuhkan tiket kereta api Jakarta Malang. Kota Malang merupakan salah satu kota besar yang ada di Jawa Timur dengan suasana yang nyaman, sejuk dan juga banyak sekali tempat wisata. Bahkan kota Malang juga dijuluki dengan kota pendidikan.

Oleh karena itu tidak jarang jika banyak orang dari kota besar lainnya yang pergi ke kota Malang untuk sekedar berwisata atau lain sebagainya. Seperti orang dari kota Jakarta. banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan kereta api jika dari Jakarta ke Malang. Hal ini karena harganya sudah pasti lebih murah jika dibandingkan menggunakan pesawat.

Jarak dari kota Jakarta dengan kota Malang memang cukup jauh. Oleh karena itu dibutuhkan waktu sekitar 15 jam hingga sampai di Kota Malang. Anda bisa memilih jenis kereta api yang juga nyaman untuk beristirahat karena membutuhkan waktu yang cukup lama.

Stasiun kereta dengan tiket kereta api Jakarta Malang

Jika Anda ingin pergi ke kota Malang, maka Anda perlu mengetahui stasiun mana saja yang menjadi tempat pemberhentian kereta api Anda. Stasiun di kota Malang yang menjadi tempat pemberhentian kereta dari Jakarta adalah stasiun Malang Kotabaru. Hal ini penting untuk diperhatikan jadi Anda jangan sampai salah dengan stasiun Kotalama. Stasiun ini memiliki sekitar 12 jalur aktif yang melayani perjalanan dari dan ke Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Stasiun kereta ini terletak di jalan Trunojoyo no. 10, Klojen, Kota Malang. Letaknya juga sangat dekat dengan alun-alun Tugu Malang, yaitu sekitar 300 meter saja. Untuk bisa pergi ke stasiun ini ada banyak sekali alat transportasi yang bisa Anda gunakan seperti angkot hingga becak.

Namun jika Anda berangkat dari Jakarta maka stasiun kereta api Jakarta yang bisa Anda datangi adalah stasiun Gambir. Stasiun ini berlokasi di jalan Medan Merdeka Timur no.1, Gambir, Jakarta Pusat. Lokasinya juga sangat mudah ditemukan karena berada di tengah kota, yaitu di sebelah timur Monumen Nasional. Untuk pergi ke stasiun ini juga banyak sekali angkutan umum yang bisa digunakan. Seperti ojek, DAMRI, taksi, hingga bus TransJakarta dengan koridor.

Jenis kereta api yang digunakan

Jenis kereta api yang bisa Anda gunakan dari Jakarta ke Malang ada dua kelas, yaitu ekonomi dan eksekutif. Kereta ekonomi Jakarta Malang:

  1. Kereta Api Majapahit:

salah satu jenis kereta api kelas ekonomi yang bisa Anda gunakan untuk pergi ke Malang adalah kereta api Majapahit. Kereta ini cukup nyaman dan cocok untuk perjalanan yang lama karena posisi tempat duduknya yang 2-2.

  1. Kereta api Matarmaja:

Kereta api jurusan Jakarta Malang yang satu ini bisa dibilang memiliki harga yang paling terjangkau. Hanya saja kekurangan dari kereta api ini waktu perjalanannya cukup lama, yaitu sekitar 15 jam. Dikarenakan harga tiketnya yang murah maka sering kali tiket ini sold out atau kehabisan. Oleh karena itu cara beli tiket kereta api ini bisa melalui online juga.

  1. Kereta api Jayabaya:

Terakhir ada kereta api Jayabaya. Kereta ini juga memiliki pemberhentian di stasiun Pasar Turi Surabaya.

Kereta api kelas eksekutif Jakarta Malang yang bisa Anda gunakan adalah kereta api Bima dan Gajayana. Kedua kereta api ini memulai keberangkatannya dari stasiun Gambir.

Jika Anda sudah menentukan ingin pergi ke Kota Malang dengan jenis kereta apa dan juga dari stasiun mana, maka selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membeli tiket tersebut. Anda bisa membeli tiket kereta api Jakarta Malang melalui tiketkeretaapi.com agar lebih mudah dan juga mengetahui jadwal keberangkatan dengan lebih rinci.

Berencana pergi ke Malang dari Jakarta? Sebelum beli tiket kereta api Jakarta Malang ketahui dulu stasiun dan jenis kereta api yang bisa digunakan.

3 Macam Jenis Kereta Untuk Tiket Kereta Api Jakarta Surabaya

Memesan tiket kereta api Jakarta Surabaya adalah hal yang penting untuk Anda yang ingin pergi ke Jakarta dari Surabaya atau pergi ke Surabaya dari Jakarta. Biasanya orang-orang yang ingin pergi ke kota tersebut bisa karena pekerjaan, mengunjungi saudara, atau sekedar berlibur. Terlebih lagi kedua kota tersebut termasuk kota yang besar sehingga akan banyak tempat atau objek yang bisa dikunjungi.

Jika Anda ingin berangkat ke kota tersebut, sudah pasti Anda harus pergi ke stasiun kereta terdekat. Alat transportasi berupa kereta memang sedang banyak digunakan sebagai mode transportasi umum untuk bepergian ke luar kota dengan jarak yang jauh maupun dekat. Seperti Surabaya dan Jakarta salah satunya.

Namun jika Anda belum pernah naik kereta sama sekali, penting juga untuk mengetahui jenis atau nama kereta yang digunakan untuk kota tujuan tersebut. Berikut adalah beberapa kereta yang sering digunakan.

Kereta yang digunakan dengan tiket kereta api Jakarta Surabaya

  1. Kereta api ekonomi AC Jayabaya

Jenis kereta api yang pertama yang bisa Anda gunakan jika ingin pergi ke Surabaya atau ke Jakarta adalah kereta api ekonomi AC Jayabaya. Kereta api ini merupakan rangkaian kereta api ekonomi AC komersil dengan rute aslinya yaitu Pasar Senen-Malang.

Jika Anda dari Jakarta dan ingin pergi ke Surabaya, maka Anda bisa berhenti di stasiun Surabaya Gubeng atau Surabaya Pasar Turi. Untuk kapasitas dari kereta api ini sekitar 80 tempat duduk. Untuk jadwal keberangkatannya sendiri sekitar jam 1 siang dari stasiun Pasar Senen dan sekitar jam 00.01 tiba di Surabaya Pasar Turi. Harga tiket kereta api ini sekitar 200 ribu hingga 315 ribuan. Cara beli tiket kereta api tersebut bisa Anda lakukan via web tiketkeretaapi.com.

  1. Kereta api ekonomi AC Gaya Baru Malam Selatan

Kereta api ini termasuk dalam rangkaian rute asli dari Pasar Senen – Surabaya Gubeng. Jalur yang digunakan oleh kereta api ini melewati Purwokerto, Yogyakarta, Madiun dan terakhir berhenti di Surabaya. Kapasitas yang digunakan oleh kereta api ini lebih banyak dari sebelumnya yaitu sekitar 106 penumpang. Untuk jadwal keberangkatan dari kereta api ini yaitu dari Pasar Senen jam 10.15 dan tiba di Surabaya Gubeng sekitar jam 01.25.

Akan tetapi jadwal tersebut tentunya bisa berubah atau mengalami keterlambatan. Harga tiket kereta api Jakarta murah ini sekitar Rp 104 ribuan, dimana jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kereta Jayabaya.

  1. Kereta api ekonomi AC Kertajaya

Jenis kereta api terakhir yang bisa Anda gunakan untuk pergi ke Surabaya dari Jakarta adalah Kertajaya. Berbeda dengan stasiun akhir di kedua kereta api sebelumnya, kereta api Kertajaya memiliki rute dari Pasar Senen Jakarta dan berhenti di Pasar Turi Surabaya.

Jadwal keberangkatan dari kereta api ini yaitu jam 14.00 dari stasiun Pasar Senen dan tiba di stasiun Pasar Turi sekitar jam 01.30. kapasitas tempat duduk kereta api ini sama dengan kereta Gaya Baru Malam Selatan yaitu 106 penumpang.

Untuk harga tiketnya sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 165 ribuan. Jalur yang dilalui oleh kereta api ini adalah jalur utara yaitu melewati Tegal, Semarang dan Cepu.

Ketika Anda sudah mengetahui jenis kereta api mana yang ingin Anda gunakan, langkah selanjutnya adalah membeli tiket kereta api. Untuk membeli tiket kereta api biasanya bisa dilakukan secara langsung di beberapa stasiun terdekat. Namun agar lebih memudahkannya Anda bisa membeli tiket kereta api Jakarta Surabaya secara online.

Daftar Tiket Kereta Api Surabaya Jakarta yang Bisa Dipilih

Harga tiket dari masing-masing stasiun dan tujuan memanglah bervariasi dan berbeda-beda. Termasuk tiket kereta api Surabaya Jakarta. Jika Anda ada keinginan untuk berkunjung pada daerah tersebut maka wajib hukumnya untuk mengetahui detail harga dan juga beberapa hal informasi yang diperlukan untuk menambah wawasan Anda.

Untuk harga tiket kereta api Surabaya Jakarta memiliki kisaran Rp 300 ribuan untuk kelas termurah dan Rp 400 ribuan untuk tiket termahalnya. Harga yang lumayan terjangkau untuk dibayarkan dengan lama perjalanan sekitar 9 jam atau ketika sedang ada masalah bisa sampai 10,5 jam untuk sampai ke tujuannya.

Ada beberapa pilihan kereta api yang bisa digunakan ketika ingin berkunjung dari Surabaya ke Jakarta.

  • KA Gaya Baru Malam Selatan

Kereta ini memiliki keunikan tersendiri dalam rutenya yaitu melewati bagian selatan dari Pulau Jawa. Untuk harga tiketnya Rp 100 ribuan untuk setiap penumpangnya dengan ukuran 13-14 jam setiap perjalanannya.

  • KA Argo Bromo Anggrek

Kereta api yang satu ini beroperasi dua kali dalam sehari yaitu pagi dan malam dengan tarif Rp 430 ribuan per orangnya dengan durasi lama perjalanan sembilan jam.

  • KA Gumarang

Kereta selanjutnya yang bisa dijadikan alternatif adalah Gumarang. Kereta ini berhasil menghubungkan Surabaya dan Jakarta melalui jalur Pantai Utara Jawa. Untuk harga tiket yang harus ditebus adalah Rp 290 ribuan per tiketnya dengan lama perjalanan 11 jam.

  • KA Jayabaya

Kereta yang satu ini berangkat siang dan sore. Keberangkatannya melalui Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Gebeng. Tarif yang perlu dikeluarkan untuk membeli tiketnya sebesar Rp 200 ribuan dengan durasi lamanya perjalanan 11-12 jam.

  • KA Bima

Kereta ini menyajikan kelas eksekutif yang berangkat pada sore hari melalui Stasiun Gubeng Surabaya. Harganya lumayan mahal dengan fasilitas nyaman dan mewah yang akan dinikmati selama perjalanannya menghabiskan tarif Rp 440 ribuan untuk satu tiketnya. Perjalanan yang harus dilalui adalah 12 sampai dengan 13 jam dalam sekali perjalanannya.

  • KA Bangunkarta

Kereta ini berangkat pada sore hari melalui Stasiun Gebeng dengan kelas eksekutif. Harga tiketnya sebesar Rp 400 ribuan.

Itulah beberapa daftar pilihan stasiun yang berangkat dari dan ke serta melewati Surabaya Jakarta. Anda bisa beli tiketnya secara online, misalnya melalui situs tiketkeretaapi.com.

Mengenal stasiun SurabayaJakarta

Nyatanya sebelum seseorang melakukan proses beli tiket kereta Surabaya Jakarta haruslah mengetahui dimana letak stasiun masing-masing tempat keberangkatan dan juga kota tujuannya. Untuk Surabaya ini stasiunnya bernama Stasiun Surabaya Gubeng, stasiun ini merupakan stasiun terbesar yang ada di Surabaya bahkan juga Jawa Timur.  Stasiun ini menyediakan rute khusus untuk daerah timur. Stasiun ini memiliki dua gedung yang sama-sama berfungsi dengan baik, yaitu gedung baru dan gedung lama.

Arsitekturnya sangat modern meskipun termasuk ke dalam bangunan yang berdiri cukup lama pada tahun 1990. Stasiun yang terletak di Jalan Stasiun Gubeng (Bangunan lama) dan di Jalan Gubeng Masjid (Bangunan baru) nyatanya mampu melayani banyak rute perjalanan yang mumpuni terutama untuk Surabaya-Jakarta.

Stasiun kedua yaitu stasiun yang ada di Jakarta. Nama stasiunnya adalah stasiun Gambir dan termasuk stasiun terbesar di Jakarta. Stasiun ini memiliki tiga tingkat pada bangunannya untuk memperluas dan memperbaiki pelayanan yang diberikan untuk para pengunjungnya. Stasiun yang terletak di Jalan Merdeka Timur, Jakarta juga menyediakan banyak rute perjalanan yang dibutuhkan terutama Jakarta-Surabaya.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan tiket kereta api Surabaya Jakarta yang harus diketahui untuk memberikan wawasan dan mengantisipasi kesalahan dalam pemilihan rute stasiunnya.

Daftar Stasiun dan Tiket Kereta Api Surabaya Jogja

Untuk Anda yang ingin pergi ke kota Surabaya dari kota Jogja, Anda perlu menggunakan tiket kereta api Surabaya Jogja. Yogyakarta merupakan sebuah kota yang berada di daerah tengah Pulau Jawa. Kota indah ini menjadi salah satu ikon wisata Indonesia yang terkenal di dunia. Oleh karena itu banyak yang pergi ke kota wisata Yogyakarta ini untuk berwisata. Selain hal itu juga karena keunikan dan keramahan dari masyarakat kota Yogyakarta.

Jika Anda dari kota Surabaya yang ingin pergi ke Yogyakarta menggunakan kereta api, maka waktu yang Anda gunakan untuk menempuh hingga sampai di Yogyakarta kurang lebih sekitar 4 hingga 5 jam.

Biaya tiket kereta api Jogja ini sekitar Rp 105.000 hingga Rp 300.000 per orang. Perbedaan ini juga bergantung dengan jenis kelas yang Anda gunakan. Berikut adalah stasiun yang bisa Anda gunakan jika pergi ke kota Yogyakarta dari Surabaya.

  1. Stasiun Tugu Yogyakarta

Masyarakat kota Yogyakarta umumnya menyebut stasiun ini dengan stasiun Tugu. Hal ini karena stasiun ini berada tidak jauh dari Tugu Yogyakarta. Stasiun Tugu ini termasuk dalam stasiun induk atau utama dan terbesar di kota Yogyakarta. Desain dari bangunan stasiun ini juga terbilang unik karena khas era kolonial Belanda. Hal ini juga membuat stasiun kereta ini kerap dijadikan tempat untuk berfoto.

Lokasi dari stasiun ini berada di Jalan Pasar Kembang, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Lokasi ini terhubung dengan tempat wisata Malioboro di sisi timur dan selatan. Agar bisa mencapai stasiun Tugu Yogyakarta, Anda bisa mengelilingi kawasan wisata sekitar menggunakan becak atau berjalan kaki. Bila ingin lebih jauh, Anda bisa menggunakan bus Trans Jogja atau menyewa motor.

Salah satu keunikan dari stasiun ini adalah bentuk lintasannya. Stasiun ini memiliki perlintasan yang letaknya di sebelah timur dengan bentuk gerbang geser dan melewati Malioboro. Di tempat tersebut terdapat pos jaga yang lintasan khusus untuk becak, andong, sepeda dan pejalan kaki.

  1. Stasiun Gubeng Surabaya

Jika Anda ingin pergi ke Jogjakarta dari kota Surabaya, maka Anda bisa pergi ke stasiun Gubeng. Stasiun Gubeng yang ada di Surabaya ini termasuk stasiun yang terbesar di Jawa Timur. Lokasinya ada di Jalan Stasiun Gubeng, Pacar Keling, Tambaksari, Kota Surabaya. Lokasi tadi berada persis pada tengah kota, Anda bisa menggunakan angkutan umum yang juga mudah ditemukan dan akan berhenti tepat di depan lintasan kereta.

Stasiun ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Stasiun Gubeng baru dan usang. Stasiun Baru berada di sisi barat, dekat dari rumah Sakit DKT, sedangkan Stasiun usang ada di bagian sisi timur, dekat PDAM Kota Surabaya.

Stasiun Baru dikhususkan melayani kereta eksekutif dan bisnis, sementara stasiun usang dikhususkan melayani kereta jenis kelas ekonomi. Jadi jangan sampai Anda salah ketika pergi ke stasiun Gubeng tersebut. Cara dapat tiket kereta api Surabaya bisa secara langsung ataupun dengan cara online.

Fasilitas Stasiun Gubeng cukup lengkap. Anda bisa merasakan fasilitas boarding pass, checkin dan jadwal keberangkatan dan kedatangan dalam bentuk layar seperti di bandara. Bahkan stasiun ini juga menyediakan fasilitas kursi pijat, pertunjukan musik, serta beragam restoran.

Selanjutnya jika Anda sudah menentukan untuk menggunakan kereta kelas apa untuk pergi ke Jogjakarta, Anda bisa membeli tiket kereta api Surabaya Jogja di tiketkeretaapi.com. Anda bisa membeli tiket sekali jalan atau pulang pergi dengan cepat.

Jadwal, Durasi dan Kisaran Harga Tiket Kereta Api Jakarta Yogyakarta

Pesan tiket kereta api Jakarta Yogyakarta banyak dilakukan di musim liburan atau lebaran. Yogyakarta termasuk salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia selain Bali atau Lombok. Mereka yang memilih rute perjalanan ini berasal dari berbagai daerah di sekitar Jakarta termasuk Bogor, Tangerang dan lainnya.

Mengenai tiket kereta api Jakarta Yogyakarta

Selain mempersiapkan detail aktivitas wisata sesampainya di Yogyakarta. Perhatikan pula informasi penting tentang tiket KA Jakarta Yogyakarta:

  1. Jadwal Perjalanan Harian

Sebagai kota pariwisata, Yogyakarta menjadi destinasi utama masyarakat Jawa Barat untuk traveling. Oleh karena itu, pemerintah menyediakan 24 perjalanan dari Jakarta menuju kota gudeg tersebut.

  1. Durasi

Durasi perjalanan yang dibutuhkan waktunya hampir sama dengan lamanya Anda bekerja di kantoran sekitar 7-8 jam perjalanan.

  1. Harga Tiket

Sementara untuk harga tiket kereta api Jakarta Yogyakarta dibedakan dari tipe kelas yang Anda pilih. KA Jakarta Yogyakarta menawarkan kelas ekonomi, bisnis juga eksekutif. Khususnya jika Anda memilih Stasiun Tugu sebagai pemberhentian terakhir. Kisaran harga cukup bervariatif mulai Rp 220.000-Rp 430.000 per orang.

Macam-macam KA Jakarta Yogyakarta

Bukan rahasia umum lagi jika Jakarta memiliki banyak stasiun KA. Agar tidak salah pilih stasiun, simak informasi tentang masing-masing stasiun di bawah ini:

  • Stasiun Gambir

Anda yang tinggal di Jakarta Pusat tentu mengenal dengan baik Stasiun Gambir. Kemungkinan besar sudah pernah menggunakan fasilitas dari stasiun tersebut. Stasiun Gambir merupakan stasiun tua di Jakarta yang berdiri sejak 1884.

Terletak di kawasan strategis membuat Stasiun Gambir mudah untuk diakses, baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan TransJakarta. Setelah dilakukan renovasi, Stasiun Gambir menjadi stasiun modern lengkap dengan fasilitas umum seperti minimarket maupun rumah makan.

  • Stasiun Pasar Senen

Usia Stasiun Pasar Senen tidak kalah tua dari Stasiun Gambir. Stasiun ini dibangun menggunakan desain arsitek J.Van Gendt yang membuatnya kental dengan konsep Neo-Indische.

Stasiun Pasar Senen mulai populer semenjak masyarakat memanfaatkannya sebagai jalur mudik. Belakangan ini Stasiun Pasar Senen juga selalu ramai dengan pelancong yang ingin liburan ke Yogyakarta.

  • Stasiun Tugu

Selain mempelajari informasi seputar tiket kereta api Jakarta Yogyakarta online. Pelajari pula profil Stasiun Tugu. Stasiun Tugu merupakan stasiun paling populer di Yogyakarta yang letaknya sangat strategis.

Cukup berjalan kaki selama beberapa menit, Anda akan menemukan sejumlah tempat penginapan maupun tempat wisata populer. Stasiun ini berada persis di Jln. Pasar Kembang, Sosromenduran, Gedung Tengen, Yogyakarta.

  • Stasiun Lempuyangan

Stasiun yang satu ini letaknya persis di bagian timur Stasiun Yogyakarta. Dibuka pertama kali pada tahun 1872 dan beroperasi hingga saat ini. Sebelum dikenal sebagai Stasiun Lempuyangan, nenek moyang kita mengenalnya dengan nama Stasiun Djocja Lempoejangan.

Uniknya, tujuan utama dibangunnya Stasiun Lempuyangan zaman dahulu bukan untuk modal transportasi masyarakat. Melainkan sebagai alat pengangkut gula. Saat ini Stasiun Lempuyangan sudah terlihat lebih modern dengan sejumlah fasilitas termasuk arah penunjuk arah dan restoran cepat saji.

Menggunakan fasilitas kereta api  sebagai alat transportasi memberikan kesan tersendiri. Cocok bagi Anda yang takut terbang atau mabuk ketika menaiki bus pariwisata. Selain memastikan telah menaiki kereta api yang tepat, pastikan Anda juga memilih situs terbaik untuk pembelian tiket KA.

Beli tiket KA dari marketplace atau aplikasi yang bereputasi baik sehingga tiket yang Anda beli bisa ditukarkan menjadi tiket fisik di loket stasiun. Contohnya seperti tiketkeretaapi.com. Pembelian tiket kereta api Jakarta Yogyakarta, hendaknya dilaksanakan beberapa minggu atau satu bulan sebelum keberangkatan.

Info Booking Rute Stasiun Tiket Kereta Api Malang Jakarta

Di musim liburan apalagi masa pandemi ini, membeli tiket kereta api Malang Jakarta langsung di stasiun bukanlah pilihan terbaik. Daripada kehabisan tiket perjalanan yang Anda inginkan, lebih baik booking tiket KA secara online. Selain lebih cepat, booking online juga bisa dilakukan satu bulan sebelum keberangkatan. Prosesnya tidak kalah mudah dari beli langsung di loket.

Booking online tiket kereta api Malang Jakarta

Mereka yang suka traveling sudah tidak asing lagi dengan sistem belanja tiket KA online.  Seluruh detail perjalanan juga hafal di luar kepala. Anda yang baru pertama melakukan perjalanan ke Jakarta dari Bandung, coba perhatikan informasi berikut:

  1. Harga Tiket KA Malang Jakarta

Tiket kereta api jurusan Malang Jakarta tidak bisa disebut murah tapi tidak cocok pula jika dikatakan mahal. Mahal tidaknya tiket KA Malang Jakarta tergantung dengan modal transportasi apa Anda membandingkannya. Untuk kisaran harganya Rp 220.000 – Rp 365.000. Perbedaan harga bisa disebabkan karena jenis kereta atau kelas yang Anda pilih.

  1. Durasi Perjalanan KA Malang Jakarta

Persiapan perbekalan dan hiburan lainnya, karena durasi perjalanan KA Malang Jakarta cukup panjang. Selama perjalanan Anda harus tetap waspada apalagi jika bepergian seorang diri. Ada pun durasi perjalanan KA Malang Jakarta sekitar 15 jaman. Durasi ini masih lebih pendek dibanding dengan modal transportasi bus yang rawan macet.

  1. Jumlah Perjalanan dari Malang ke Jakarta

Karena perjalanan yang lama dan belum banyaknya penumpang jurusan Malang Jakarta. Maka jumlah perjalanan yang dilayani hanya 2 perjalanan saja. Pastikan Anda sudah mendapatkan tiket yang dibutuhkan mengikuti jadwal perjalanan Anda.

Rute stasiun Malang Jakarta

Selain fokus beli tiket kereta api Malang Jakarta online, pastikan pula jika Anda sudah mengenal jenis-jenis stasiun yang harus Anda tuju seperti:

  • Stasiun Malang Kotabaru

Merupakan stasiun utama dan yang paling populer di Kota Malang. Stasiun ini berada persis di Ciptomulyo, Kec. Sukun, Malang. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit berkendara dari Stasiun Malang menuju pusat kota. Selain melayani perjalanan Malang Jakarta, Stasiun Malang juga menyediakan rute perjalanan pendek ke Surabaya dan kota lainnya.

  • Stasiun Malang Kota Lama

Di urutan kedua adalah Stasiun Malang Kota Lama yang lokasinya masih satu kawasan dengan Stasiun Malang Kotabaru. Sama seperti Stasiun Malang Kotabaru, stasiun ini juga menyediakan rute perjalanan Malang Jakarta dan rute perjalanan lainnya. Di tempat jual tiket kereta api Malang Jakarta, kemungkinan besar Anda akan melihat jadwal perjalanan dari Malang Kota Lama ke Gambir atau Pasar Senen.

  • Stasiun Kepanjen

Pilihan stasiun lain yang bisa Anda kunjungi untuk merasakan pengalaman baru berlibur ke Jakarta adalah Stasiun Kepanjen. Stasiun ini beralamat di Kepanjen, Kecamatan Kepanjen, Malang. Bila dibandingkan dengan Stasiun Malang Kotabaru, Stasiun Kepanjen jauh lebih kecil.

Meski demikian, stasiun ini turut menyediakan tiket KA jurusan jarak jauh Malang Jakarta. Jika Anda tidak berhasil membeli tiket dari Stasiun Malang Kotabaru atau Stasiun Malang Kota Lama, tidak ada salahnya memesan tiket dari Kepanjen.

  • Stasiun Sumberpucung

Pilihan stasiun terakhir yang menyediakan pemesanan tiket online  dan offline dengan pemberhentian terakhir Jakarta. Stasiun ini berada persis di Sumberpucung, Sumberpucung, Malang. Stasiun Sumberpucung merupakan stasiun kelas III, dengan jumlah perjalanan yang terbatas yang hanya melayani 2 perjalanan ke Jakarta dengan kereta tambahan.

  • Stasiun Pasar Senen

Sesampainya di Jakarta, Anda akan berhenti di Stasiun Pasar Senen. Stasiun ini sangat padat karena melayani berbagai rute perjalanan panjang dan jarak dekat setiap harinya. Selain turun di pasar Senen, mereka yang datang dari arah Malang juga bisa turun di Stasiun Gambir. Tergantung jenis perjalanan dan kereta apa yang dipilih saat order online.

Itulah jenis stasiun kereta yang melayani perjalanan Malang Jakarta. Siapkan fisik dan mental agar perjalanan Anda berjalan lancar. Pastikan hanya memesan tiket kereta api Malang Jakarta dari situs online terpercaya seperti tiketkeretaapi.com.

Comments

0 comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend